Published On: Rab, Des 19th, 2012

Razia Mamin, Hanya Mengamankan Makanan Ringan

Share This
Tags

Penulis : Panji Wijaya/Pito Suwarsono

TUBAN

seputartuban.com – Menjelang Natal dan Tahun Baru, petugas gabungan dari Dinas Perkonomian dan Pariwisata, Dinas Kesehatan (Dinkes) dan Polres Tuban, rabu (19/12/12). Melakukan Razia Makanan dan Minuman (Mamin) disejumlah tempat.

Karena petugas datang kesiangan, Di Pasar Besar Tuban petugas hanya mendapati tiga pedagang daging sapi. Sementara pedagang daging lainnya sudah pada pulang sejak pagi. Di lapak ini, petugas tidak mendapati daging glonggongan maupun daging busuk. Semua daging menurut petugas kondisinya baik.

Petugas lalu melanjutkan razia di sejumlah pedagang makanan kering juga di pasar tersebut. Di Lapak milik Yanto (35) Petugas menemukan sejumlah roti kemasan plastik yang kondisinya sudah dipenuhi jamur. Petugas lalu mengamankan 8 plastik roti kemasan yang tanpa dilengkapi dengan tanggal masa kadaluarsa tersebut.

Namun tindakan tegas Petugas ini diprotes. Kepada Petugas Yanto mengatakan bahwa roti yang dipenuhi jamur tersebut akan dikembalikan kepada sales, untuk diganti yang baru.  “Jika roti itu dibawa nanti saya tidak mendapat gantinya Pak,” protes Yanto kepada Petugas.

Petugas lalu memberi pengertian kepada Yanto, jika roti tersebut akan ditukar dengan yang baru, maka roti yang dibawa Petugas tersebut bisa diambil di Kantor Pasar. Pasalnya jika tetap dipajang, maka tidak menutup kemungkinan roti tersebut akan dibeli oleh konsumen, dan itu sangat berbahaya. Yanto akhirnya menerima saran Petugas.

Sementara itu di toko makanan Istana Snack, Jl. AKBP Suroko, petugas menemukan satu kemasan makanan kering Balado. Yang kemasan kardusnya rusak petugas lalu mengamankannya.

Kasi Perlindungan Konsumen Dinas Perekonomian dan Pariwisata, Pemkab Tuban, Muhadi kepada seputartuban.com menegaskan untuk daging semua kondisinya baik. Sementara sejumlah makanan kering diamankan karena sudah dipenuhi jamur dan kondisi kemasannya rusak. Serta tidak dilengkapi tanggal masa kadaluarsa.

“Untuk daging sapi kondisinya bagus, tadi ada beberapa makanan kemasan yang kami amankan,” katanya. Sementara itu razia dilanjutkan ke sejumlah Sawalayan di Kabupaten Tuban.

Foto : Petugas saat melakukan pemeriksaan makanan ringan di Pasar Baru Tuban

Facebook Comments

About the Author