Pengkab Tuban Ngabuburit, Menguatkan Nilai Puasa Melalui Cabor Woodball

seputartuban.com, TUBAN – Pengurus Kabupaten (Pengkab) Indonesia Woodball Association (IWbA) Kabupaten Tuban, Minggu (31/03/2024) menggelar ngabuburit di Lapangan Sepak Bola, kawasan Gedung Olahraga (GOR) Tuban. Dengan melakukan pertandingan usia dewasa sambil menunggu berbuka puasa.

Meski dalam suasana puasa dan terik matahari, para peserta nampak antusias memukul bola kayu masing-masing. Karena meski pertandingan dibuat secara santai, namun hadiah yang disiapkan pengurus mencapai jutaan rupiah. Dengan mempertandingkan kategori single stroke putra dan putri.

Ketua Pengkab IWbA Kabupaten Tuban, Cipnal Muchlip M, menjelaskan acara ini diselenggarakan tidak sekedar mempererat sesama pengurus dan masyarakat. Lebih dari itu, terdapat nilai-nilai mulia yang terkandung dalam olahraga yang berasal dari Taiwan ini.

Ketua Pengkab yang juga seorang dosen bisnis digital itu menjelaskan nilai watak dan sikap pemain woodball yang selaras dalam ajaran puasa dan dapat dijalankan untuk kehidupan sehari-hari meliputi beragam hal. Diantaranya sikap sabar, jujur, saling menghormati, telaten serta pantang menyerah.

“Jika main woodball tidak sabar atau pemarah kemungkinan besar kalah. Karena jika bermain, lawan pertamanya adalah diri sendiri. Selain mengetahui kondisi lapangan dan lawan main,” ungkapnya.

Faktor etika masuk  bagian dari aturan permainan woodball. “Jika menganggu pemain lawan dan berkata tidak sopan, ada hukuman bagi pemain yang melakukan itu. Jadi bukan sekedar fisik tapi juga karakter bagian dari permainan ini,” imbuhnya.

Menurutnya para pemain woodball semakin serius menjalani permainan maka secara langsung karakternya juga akan dapat diperbaiki. Apalagi mengikuti pertandingan-pertandingan resmi, yang aturan main harus dipatuhi. “Untuk bermain woodball dibutuhkan sikap dan perilaku mengenal diri, mengenal lawan dan mengenal lingkungan pertandingan. Ini bukan hal mudah dan butuh diasah,” ungkapnya.

Woodball merupakan olahraga segala usia. Permainannya mirip golf, namun memiliki sejumlah perbedaan. Yakni alat pukul seperti botol yang memiliki tongkat dan bola terbuat. Sedangkan bola dimasukkan melalui gate bukan lobang. Lapangan permainan woodball juga diberi pembatas, jika bola keluar mendapat hukuman, berbeda dengan golf yang  tanpa pembatas.  

Print Friendly, PDF & Email

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *