oleh

Capaian Vaksinasi Covid-19 Baru 38 persen, Pemkab Tuban Terkendala Stok Vaksin

seputartuban.com, TUBAN – Pemerintah Kabupaten Tuban masih terkendala ketersediaan vaksin covid-19 untuk mencapai komunal atau herd immunity. Sehingga vaksinasi yang akan terus dimaksimalkan belum dapat dilaksanakan.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Tuban, Bambang Priyoutomo mengatakan, dosis satu sudah mencapai 37 persen sedangkan yang kedua mencapai 20 persen. “Untuk dosis yang ketiganya  karena hanya diperuntukkan tenaga kesehatan (Nakes) saja, tapi untuk Nakes sudah selesai semua vaksinnya.” kata Bambang saat dikonfirmasi, Senin (11/10/2021).

Bambang menjelaskan, untuk penentuan level  dilakukan oleh pemerintah pusat. kalau level satu terlalu tinggi tidak akan tercapai karena vaksinnya tidak ada targetnya.  “Untuk level dua  50 persen sedangkan  lansianya 40 persen. Tapi vaksin kita hanya sejumlah itu, jadi kendalanya karena ketersediaan vaksin,” jelasnya.

Sedangkan sejauh ini capaian vaksinasi covid-19 sudah 38 persen. Pihaknya berharap  satu atau dua minggu ini jika vaksinnya sudah tersedia maka siap untuk didistribusikan dan sudah ada tim. Di masing-masing desa mulai dari  bidan desa ditambah dari  relawan untuk membantu  administrasinya.

“Keterlambatan itu karena stoknya belum ada. Kemarin juga sempat kosong dan kemungkinan  tiga hari lagi baru datang vaksin  Astrazeneca dan sinovac,” ungkapnya. RHOFIK SUSYANTO

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Terbaru