oleh

Komisi IV Kunjungi DPMD Jatim, Pastikan Pengunaan Dana Desa Optimal

seputartuban.com, TUBAN – Komisi IV Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Tuban, mengunjungi  Dinas Pemberdayaan dan Masyarakat Desa (DPMD) Provinsi Jawa Timur. Kunjungan ini untuk memahami prinsip penggunaan dana desa.

Yakni untuk pertumbuhan ekonomi dan peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM). Serta untuk pembangunan desa untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat desa dan kualitas hidup manusia .

“18 point dalam  konsep Sustainable Deveopment Goals (SDGs) diantaranya desa peduli pendidikan ,desa peduli kesehatan,desa ramah perempuan, dan masih banyak lagi yang lainnya,” kata Ketua Komisi IV, Tri Astuti.

Tri Astuti menambahkan, termasuk prioritas penggunaan dana desa sesuai dengan  kewenangannya  adalah pendataan desa. Yang mana pemutahiran data kemiskinan ini erat kaitannya dengan pemerintahan desa.

“Pendataan dilakukan agar data kemiskinan yang masuk dalam DTKS nantinya mampu dikelola melalui aplikasi SIK-NG pusdatin Kemensos. Agar benar- benar tepat sasaran dan setahun sekali bisa melalukan update data. Selain itu maka harus difikirkan juga honor petugas pendataan. Semoga bisa ditambah anggaran dari Dana Desa,” harapnya.

Selain itu, politisi dari Partai Gerindra ini berharap,  jika setiap desa memberikan beasiswa pendidikan kepada satu siswa SLTA atau  mahasiswa, akan sangat membantu pemerintah daerah. Guna Untuk meningkatkan nilai rata-rata lama sekolah yang  erat hubungannya dengan Indeks Pembangunan Manusia (IPM) di Kabupaten Tuban.

“Jika satu desa bisa memberikan beasiswa  kepada satu siswa dan jika hal itu bisa terealisasi, tentunya akan berdampak pada IPM Kabupaten Tuban,” katanya. RHOFIK SUSYANTO

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Terbaru