oleh

Kompak Warga Jenu Bersihkan Separuh Panjang Pantai Tuban

seputartuban.com, TUBAN – Tuban memiliki panjang pantai 65 Km. Yang membentang dari wilayah Kecamatan Palang sampai Kecamatan Bancar. Potensi yang luar biasa jika mampu dikembangkan. Sekaligus menjadi beban yang tidak ringan untuk menjaganya. Setidaknya menjaga agar pantai tetap bersih.

Sebagai wujud nyata menjaga kebersihan pantai sekaligus menjaga lingkungan, Pemerintah Kecamatan Jenu membuat gerakan bersih pantai di sepanjang wilayah Kecamatan Jenu, Jumat (9/10/2021). Gerakan ini didukung penuh pimpinan kecamatan dan pemerintah desa.

Pejabat tingkat kecamatan nampak turun bersama masyarakat dan aparatur desa untuk membersihkan pantai dari sampah. Selain menyelamatkan lingkungan dan menjaga keindahan pantai juga wujud kebersamaan dengan masyarakat.

Camat Jenu (paling kiri) dan Kapolsek Jenu (kedua dari kiri) turun langsung membersihkan pantai bersama staf/anggota dan masyarakat. Foto/Rhofik Susyanto

Camat Jenu, Moch. Maftuchin Riza mengatakan, kegiatan bersih pantai sepanjang 32 kilo meter ini dilakukan menjelang musim hujan tiba. Agar sampah baru tidak menumpuk dengan sampah lama. Secara serentak dilakukan bersama masyarakat sepanjang pantai agar kegiatan ini berdampak luas. Selain itu upaya mendidik masyarakat untuk peduli terhadap kondisi lingkunganya. Khususnya masyarakat sekitar pantai.

“Semoga dengan bersihnya sampah mulai dari pemukiman warga (hulu) sampai pantai (hilir) bisa memperlancar aliran air, sehingga tidak  terjadi banjir,” katanya.

Dia berharap kekompakan dalam membersihkan pantai bersama masyarakat ini juga dapat berimbas pada kegiatan lainnya. Diantaranya adalah program pemerintah desa hingga pemerintah kabupaten. Sehingga pelaksanaan program pemerintah dapat maksimal dijalankan dengan dukungan masyarakat.

CERIA : Semangat para siswa ikut membersihkan pantai. Foto/Rhofik Susyanto

“Dalam bersih pantai kita libatkan, Pemkab (Kecamatan), Pemdes, masyarakat, perusahaan dan  termasuk para siswa mulai SD sampai dengan SMA sederajat. Karang taruna dan relawan ikut bersama-sama kerja bakti membersihkan sampah sepanjang pantai wilayah Kecamatan Jenu,” pungkasnya. RHOFIK SUSYANTO

Print Friendly, PDF & Email

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Terbaru