oleh

1.640 DPT Pileg 2014 Dicoret

TUBAN

seputartuban.com – Daftar Pemilih Tetap (DPT) Pemilihan Umum DPR RI, DPD, DPRD Propinsi dan DPRD Kabupaten masih mengalami peruahan. Karena setelah dilakukan validasi oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Tuban, Sabtu (18/01/2014) di Kantor KPU Kab. Tuban ditemukan kejanggalan.

pemilu-2014-2

Divisi Pendaftaran Pemilih KPUD Tuban, Yayuk Dwi Agus Sulistiarini saat dikonfirmasi mengatakan, setelah dilakukan validasi DPT ditemukan pemilih ganda, alih status dan pindah dimisili. “Penyebab perubahan jumlah tersebut karena adanya perbaikan NIK yang sebelumnya tidak memiliki NIK. Setelah dilakukan perbaikan muncul pemilih ganda,” katanya.

Sebelumnya sebanyak 924.498 pemilih, namun setelah dilakukan validasi DPT berkurang menjadi 922.858 pemilih. Perubahan ini dilakukan berdasarkan Surat Edaran KPU nomor 838 dan 858 penyempurnaan DPT. “Ada 1.640 pemilih yang terfalidasi karena ganda dan meninggal dunia, ada juga yang masuk TNI. Kita akan terus melakukan penyempurnaan DPT yang tidak memenuhi syarat. Seperti belum cukup umur, ganda, meninggal dunia, alih status, dan pindah tempat,” sambung Yayuk.

Diketahui, penyempurnaan Daftar Pemilih Tetap (DPT) tersebut terus dilakukan sesuai dengan rekomendasi Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu). Bahwa validasi pemilih bisa dilakukan sampai H-14 pelaksaan pemilihan pada 9 April 2014. “Untuk penyempurnaan selanjutnya kita menunggu Surat Edaran (SE) lagi dari KPU. Karena tahapan ini kita lakukan sesuai dengan Suarat Edaran PKU yang sudah kita terima,” pungkasnya. (lis)

Print Friendly, PDF & Email

Terbaru