oleh

Wisata Religi Paling Diminati Pengunjung

TUBAN

seputartuban.com – Pengunjung lokasi wisata yang ada di Kabupaten Tuban tahun 2013 mengalami kenaikan 15 persen dibandingkan pada tahun 2012. Paling banyak wisata religi, hal ini disebabkan lokasi yang dikunjungi adalah makam Waliyullah yang sudah tersohor. Sedangkan wisata lainya masih belum terlalu diminati pengunjung.

Aktivitas pengunjung wisata religi Sunan Bonang saat naik becak
Aktivitas pengunjung wisata religi Sunan Bonang saat naik becak

Berdasarkan data dari Dinas Perekonomian dan Pariwisata Pemkab Tuban, tahun 2012 total jumlah pengunjung ditempat wisata di Kabupaten Tuban sebanyak 3.600.000 orang. Diantaranya dari pengunjung wisata religi Makam Sunan Bonang, Asmoroqondi, Gua Akbar, Pemandian Bentiharjo, dan Pantai Boom.

Sementara untuk tahun 2013 ada kenaikan 15 persen yaitu sebanyak, 3.814.464 orang. Yang tersebar di 13 lokasi wisata, yaitu Makam Sunan Bonang, Makam Bejagung Lor, Makam Bejagung Kidul. Makam Asmoroqondi, Musium Kambang Putih, Gua Akbar, Pemandian Bektiharjo, Prataan, Gua Ngerong. Pantai Boom, Pantai Sowan, Terminal Wisata Tuban (TWT) dan an Air Terjun Nglirip.

Kabid Pariwisata dan Kebudayaan, Dinas Perekonomian dan Pariwisata Kabupaten Tuban, Sunaryo saat dikonfirmasi, kemarin mengatakan, dari lokasi wisata yang ada yang paling banyak pengunjungnya adalah wisata religi yaitu Sunan Bonang dan Makam Asmoroqondi. Sedangkan untuk wisata alamnya, yaitu Pantai Boom, Gua Akbar dan Pemandian Bektiharjo.

“Pantai BOOM pengunjuknya semakin meningkat, saat ini terus berupaya untuk meningkatkan fasilitasnya, seperti kita buatkan tempat satwa. Sedang di Pemandian Bektiharjo akan dibuatkan waterboom,” kata Sunaryo.

Peningkatan pengunjung tersebut, biasanya terjadi masa saat liburan sekolah, atau libur akhir tahun. Pada hari biasa rata-rata tiap hari pendapatan daerah dari wisata di Tuban sebesar Rp.400 ribu. Namun bila hari libur mengalami kenaikan sampai 200 persen dari hari biasa. “Untuk tarif yang ada sangat terjangkau. Seperti dipantai Boom tiketnya Rp. 1.500, Gua Akbar dan Pemandian Bektiharjo pada hari biasa Rp.4.000, untuk hari libur Rp. 5.000,” tambahnya.

Sedangkan untuk TWT kondisinya masih butuh pembenahan dan penambahan fasilitas untuk menarik pengunjung lebih banyak. Saat ini hanya ada kolam renang. Tempat wisata yang luasnya ada 4 hektar tersebut butuh penanganan khsusus. “Dengan kondisi TWT saat ini, kita harapkan ada investor untuk membangun tempat tersebut, supaya bisa meningkatkan pengunjung bisa lebih cepat tertangani,” harapnya. (lis)

Print Friendly, PDF & Email

Terbaru