UPZ Tabungan Akhirat Setorkan Dana ZIS Rp. 17 Juta Ke Baznas

seputartuban.com, TUBAN – Unit Pengumpul Zakat (UPZ) Tabungan Akhirat, telah menyetorkan hasil pengumpulan dana Infaq, shodaqoh dan zakat sebesar Rp. 17,556.000. Dana itu bersumber dari infaq, shodaqoh dan zakat. Dana tersebut telah disetorkan ke Badan Amil Zakat Nasional (Banzas) Kabupaten Tuban.

Berbeda tahun ini, UPZ Tabungan Akhirat mulai mengumpulkan dana zakat mal dari masyarakat khususnya bidang pertanian (Tijaroh). Selain itu, juga bersumber dari dana kotak rumahan. Dari total Rp. 17,556,000 sebanyak Rp. 5,970,000 adalah tijaroh. Sedangkan sisanya Rp. 11,586,000 dari kotak rumahan.

Ketua UPZ Tabungan Akhirat, Cipnal Muchlip M mengungkapkan bahwa gerakan Tabungan Akhirat sudah dimulai sejak 2015. Kemudian mulai tahun 2017 diresmikan menjadi UPZ-nya Baznas Kab. Tuban di masyarakat.

Sejak saat itu, rutin menyetorkan hasil pengumpulan ke Baznas Kab. Tuban tiap tahun. Pengurus mulai setahun terakhir mulai meningkatkan pendidikan kepada masyarakat soal zakat mal. Sehingga berdampak pada pendapatan zakat naik. “Ya meski baru beberapa petani yang berzakat, tapi ini perkembangan yang baik. Potensinya sebenarnya sangat besar, namun belum terkelola dengan baik. Harta kita sebenarnya-benarnya adalah yang kita zakat, infaq, shodaqoh dan wakafkan ini,” ungkapnya.

Sebenarnya dari Zakat Mal saja mampu menopang perekonomian masyarakat, tanpa menggantungkan dari pemerintah. Artinya melalui dana zakat saja, dapat mengangkat kehidupan masyarakat. Jika pengelolaan potensi zakat ini maksimal. Akan semkain optimal dengan infaq dan shodaqoh.

“Ini tugas kita bersama bagaimana menyadarkan para petani muslim untuk berzakat sesuai ketentuan agamanya. Kita mayoritas petani, tapi yang zakat masih minoritas, ini penyebabnya. Kami perkirakan zakat pertanian kalau semua petani muslim taat agamanya, tiap desa bisa puluhan bahkan ratusan juta potensinya. Belum lagi ditambah zakat profesi (pegawai, dagang, dan lainnya),” imbuhnya.

Diketahui, UPZ Tabungan Akhirat mengumpulkan dana dari kotak rumahan, hasil sedekah wisata dan zakat pertanian dari masyarakat. Hasilnya disetorkan ke Baznas Kabupaten Tuban. Kemudian UPZ Tabungan Akhirat mengajukan program untuk dapat didanai dari Baznas Tuban. Diantaranya santunan, pendidikan, kesehatan, peningkatan kualitas keagamaan, pemberdayaan ekonomi, dakwah dan lainnya. RHOFIK SUSYANTO

Print Friendly, PDF & Email