oleh

Tuban Mulai Kickoff Vaksinasi Anak, 101 Ribu Dosis Disiapkan

seputartuban.com, TUBAN – Kabupaten Tuban mulai menjalankan vaksinasi anak. Hal itu ditandai dengan dimulainya vaksinasi di MIN 1 Tuban dan SDN Kutorejo 1, Kamis (16/12/2021). Yang dihadiri Bupati dan Pimpinan Daerah Kabupaten Tuban dan Kepala Kantor Kementrian Agama Kab. Tuban.

Dalam kesempatan ini dilakukan vaksinasi kepada para siswa MIN. Selanjutnya vaksinasi akan dilakukan diseluruh siswa di Kabupaten Tuban. Dengan target anak berusia 6-11 tahun. Sedangkan vaksin yang telah disiapkan sebanyak 101 ribu dosis.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Tuban, dr. Bambang Priyo Utomo mengatakan setelah dimulai vaksinasi pertama ini, akan dilanjutkan ke seluruh siswa di Tuban sesuai target usia. Seperti yang dimulai kickoff  ini. Usia 6 sampai 11 tahun di MIN 1 Sugiharjo dan SDN Kutorejo 1 dengan jumlah 365 siswa.

“Ya langsung dilaksanakan di sekolah dengan tenaga kesehatan (Nakes) dari puskesmas. Data sasaran dari Diknas  dengan koordinasi sama semua dinas terkait Dinsos, dukcapil dan lain-lain,” katanya.

Namun teknisnya akan disesuaikan dengan ketersediaan dan kesiapan Nakes. Karena jumlahnya terbatas, sehingga jadwalnya bergantian antar sekolah. “Dijadwal gàntian, Nakes tidak ngatasi jika bersamaan,” imbuhnya.

Kepala Kantor Kementrian Agama (Kemenag) Kab. Tuban, Sahid mengimbau masyarakat agar mendukung program vaksinasi, termasuk wali murid. Wali murid diminta tidak khawatir agar mengijinkan anaknya divaksin. Program vaksinasi bermanfaat membentuk kekebalan tubuh anak sebagai upaya pencegahan dari penyebaran Covid-19. “Tidak ada efek samping dari vaksinasi ini, justru akan membangun antibodi anak agar kebal melawan Covid-19,” ungkapnya.

Kemenag Tuban akan menindaklanjuti program vaksinasi ini ke seluruh madrasah di Kabupaten Tuban. “Tercatat 31.462 siswa madrasah negeri maupun swasta pada 216 lembaga madrasah di Kabupaten Tuban telah didata. Kami instruksikan untuk mengikuti program ini. Serta meminta wali murid dan wali santri untuk turut mendukung program vaksinasi,” tegasnya. NAL

Print Friendly, PDF & Email