oleh

Tali Jangkar Putus, Tongkang Terdampar

Penulis : Hanafi

JENU

seputartuban.com – Sebuah tongkang batu bara terdampar di bibir pantai Dusun Brangkal, Desa Tasikharjo, Kecamatan Jenu, Kabupaten Tuban, Selasa (8/1/2013). Diketahui tongkang tersebut BG Indomarina type 3001, dari pelabuhan tanjunbg priok jakarta. Dengan kode kapasitas muat Gt: 3058/no.1100/PP.

Dari penuturan warga setempat, Zainudin (24), mengatakan tongkang tersebut sudah terdampar pada Senin (7/1/2013). Dan penyebabnya adalah rantai jangkar putus. Dan saat terkena ombak besar disertai angin kencang, tongkang itu terseret arus ombak. Hingga berjarak 10 meter dari bibir pantai, tepat di samping tambak udang milik Hadi Purwanto, warga desa setempat.

“Senin malam tongkang itu terseret ombak. Rantainya putus dari jangkar, ini ada bekas rantai hingg di pinggir pantai, ” ujar Zainudin.

Belum diketahui siapa pemilik tongkang ini. Dari penuturan warga lainnya, diduga mengangkut batu bara sebagai bahan produksi PT. Semen Gresik.

Terpisah, Kepala Penanggung Jawab, Pelabuhan PT. Semen Gresik, Aris, saat dikonfirmasi mengatakan bahawa setelah melakukan bongkar muatan di Pelabuhan. Tongkang mengalami perbaikan jangkarnya. “Hanya perbaikan saja tadi, habis bongkar batu bara di pelabuhan,” ujarnya.

Foto : Kondisi tongkang kawasan pantai Kecamatan Jenu

Terbaru