oleh

Ratusan Warga Blokir Proyek Pipanisasi MCL

Penulis : Hanafi

PALANG

seputartuban.com – Ratusan warga Desa Karang Agung, Kecamatan Palang, Kabupaten Tuban, melakukan aksi unjuk rasa, Jumat (4/1/2013). Di lokasi galian pipanisasi Mobile Cepu Limited (MCL), Desa Leran Kulon, Kecamatan Palang, Kabupaten Tuban.

Ratusan warga yang terdiri dari anak-anak, remaja dan orang dewasa datang dengan membawa spanduk berisi tuntutan. Warga menuntut adanya pemberhentian galian pipanisasi yang dilakukan oleh MCL di Desa Leran Kulon, Kecamatan Palang, Kabupaten Tuban.

Menurut warga, pipanisasi akan berakibat kerusakan alam. Selain itu dikhawatirkan akan terjadi kebocoran gas. Selain diatas, warga juga menuntut adanya kompensasi berupa pembangunan tambak labuh. Serta lebih mengutamakan warga sekitar dalam perekrutan tenaga kerja.

Koordinator Aksi, Aji Agus Wiyoto (26), saat dikonfirmasi mengatakan bahwa, warga menuntut terhadap pihak MCL, karena kekhawatiran adanya kebocoran dari pipanisasi tersebut. Selain itu warga juga belum pernah mendapat sosialisasi terkait proyek tersebut.

“Belum ada sosialisasi terhadap warga, jadi kita khawatir kalau terjadi kebocoran seperti Lapindo. Siapa yang mau bertanggung jawab. Tenaga kerja juga banyak dari luar desa sekitar proyek, terus kapan warga kami sejahtera, ” ujarnya.

Camat Palang, Sugeng Winoto saat dikonfirmsi, mengatakan bahwa, pihaknya akan membantu warga dalam menyampaikan aspirasi. Menurutnya, semua tuntutan warga harus mendapat jawaban dari pihak MCL. “Akan kita ajak hearing saja. Agar semua tuntutan bisa ditampung oleh MCL. Demo bisa berjalan dengan baik,” ungkapnya.

Foto : Warga saat menggelar aksi unjuk rasa

Terbaru