oleh

Dandim Kerja Bhakti Tanggul Darurat

Penulis : Pito Suwarsono/Muhaimin

RENGEL

seputartuban.com – Meluapnya sungai bengawan solo merendam kawasan Desa Kanorejo, Kecamatan Rengel Kabupaten Tuban, Kamis (3/1/2012). Kondisi diperparah dengan jebolnya tanggul sungai sekitar 10 meter membuat areal persawahan dan pemukiman terendam.

Akibatnya puluhan hektar tanaman padi dan pemukiman serta jalan desa terendam. Dan diperparah, tanggul yang juga digunakan jalan poros desa penghubung Desa Kanorejo dengan Desa Ngadirejo putus. Akibatnya selain dicemaskan dengan kondisi banjir, juga tidak dapat melintas karena jalan putus.

Untuk mengurangi dampak banjir, serta meringankan beban masyarakat. Puluhan anggota Koramil Rengel, Dan Koramil Soko. Dan dipimpin langsung Dandim 0811 Tuban membuat tanggul dadurat didesa setempat. Bersama masyarakat dengan menumpuk kantung-kantung pasir dilokasi tanggul jebol.

Dandim 0811 Tuban, Letkol Inf Primadi Saiful Sulun terjung langsung bersama anggotanya dan masyarakat dalam proses pembuatan tanggul darurat ini. Dandim rela berbasah-basahan dengan terlibat langsung dalam proses pembuatan pembatas air ini.

“Tindakan cepat kita untuk membantu masyarakat yang tanggulnya jebol. Karena derasnya arus luapan sungai bengawan solo. Hal ini agar air tidak masuk ke daerah pemukiman di Rengel,” ungkap Dandim.

Lebih lanjut, Dandim menghimbau agar masyarakat tetap siaga terhadap kemungkinan adanya kondisi air makin tinggi. Dan pihaknya juga mengaku siaga selama kondisi banjir ini masih merendam kawasan pemukiman warga. “agar masyarakat tetap waspada dan menyiapkan kebutuhan pokok. Bila diungsikan jika kondisi air semakin membahayakan,” Kata Dandim menghimbau.

Selain itu, dalam kesempatan ini orang nomor satu di Kodim Tuban ini juga menyempatkan diri berkunjung ke salah satu warga. Yakni Kaspun, yang rumahnya sudah terendam banjir untuk berdialog langsung dan mengetahui kondisi para korban banjir secara langsung.

Foto : Dandim 0811 Tuban, Letkol Inf Primadi Saiful Sulun saat terlibat langsung pembuatan tanggul darurat.

Komentar

1 komentar

Komentar ditutup.

Terbaru