oleh

Puncak HUT-76, MoU Dengan Kejari Tuban Jadi Kado Spesial

seputartuban.com, TUBAN – Pada puncak peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) ke Ke-76 dan Hari Guru Nasional (HGN) tahun 2021, pengurus PGRI Kab. Tuban melakukan penandatanganan memorandum of understanding (MOU) dengan Kejaksaan Negeri Tuban, Kamis (16/12/2021).

Kesepakatan bersama yang ditandatangani adalah untuk meningkatkan kualitas hukum kepada para guru. Yakni dengan Kejari Tuban akan memberikan penyuluhan hukum dan memberikan perlindungan hukum kepada guru di Tuban.

Di Gedung Graha Dwija PGRI Tuban, jalan Gedongombo Kecamatan Semanding, Kabupaten Tuban, ratusan guru dari perwakilan pengurus kecamatan dan tokoh pendidikan hadir. Bupati, Wakil Bupati, Sekda. Hadir juga Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Tuban dan Kasi Intel Kejari. Serta Kepala Dinas Pendidikan Tuban dan Kepala Kantor Kementrian Agama Kab. Tuban.

Ketua PGRI Kab. Tuban, Witono mengatakan kegiatan ini bertujuan untuk memperkokoh soliditas, dan kesetiakawanan anggota serta meningkatkan kepercayaan masyarakat dan anggota kepada PGRI.

Sebagai organisasi profesi guru serta meningkatkan profesionalisme, kreativitas, inovasi, kepedulian dan dedikasi guru. Dalam menjalankan tugas profesionalismenya mempersiapkan sumber daya manusia sebagai basis terwujudnya generasi emas Indonesia tahun 2045.

Penandatanganan MoU dengan Kejari Tuban ini juga hadiah spesial untuk para guru di Tuban. Diharapkan guru semakin memahami persoalan hukum. “Guru tidak mudah dimanfaatkan dengan persoalan hukum. Dan, kalau semua guru paham terkait hukum. Insya Allah tidak akan melanggar hukum,” ungkapnya.

Sementara itu, Kajari Tuban Suhendri dalam sambutannya mengatakan kesepakatan bersama ini dalam rangka penyelenggaraan guru taat hukum. Meliputi pencegahan tindak pidana korupsi dan tata kelola tingkat PAUD, dasar dan tingkat menengah yang baik. 

“Kerjasama yang dibangun antara PGRI Kabupaten Tuban dengan Kejaksaan Negeri Tuban, merupakan salah satu upaya dalam menciptakan keberhasilan pendidikan di kabupaten Tuban yang bersih dan transparan sehingga terhindar dari korupsi,” kata Suhendri.

Sinergitas ini, upaya untuk mendekatkan antara guru dan jaksa. Sehingga guru tidak lagi takut dengan jaksa dan jadikanlah Jaksa sebagai sahabat guru.

FOTO BERSAMA PGRI
HARI GURU : Bupati, Wakil Bupati, Sekda, Ketua PGRI Tuban dan pejabat lainnya serta guru penerima anugrah foto bersama . FOTO/NAL

“Oleh sebab itu, keberhasilan tersebut tentunya tidak lepas dari peran serta kita semua. Dan, sinergitas yang saling mendukung oleh semua pemangku kebijakan yang ada di Kabupaten Tuban,” tegasnya.

Bupati Tuban, Aditya Halindra Faridsky, mengucapkan terimakasih kepada Kejari Tuban yang akan melakukan pendampingan terhadap PGRI Kabupaten Tuban. “Dengan adanya pendampingan guru, dapat melaksanakan tugas dengan baik dengan menghindari perbuatan yang melawan hukum,” harapnya.

Halindra juga merasa sangat bangga dapat hadir ditengah para guru dalam rangka peringatan Hari Guru Nasional dan HUT PGRI yang ke 76. “Hari guru adalah hari yang sangat bermakna bagi seluruh insan manusia. Tanpa guru kita tidak akan menjadi apa-apa,” katanya.

Mas Bupati juga menegaskan, bahwa dia menjadi sekarang ini juga jasa para guru yang telah mendidik dirinya. Pendidikan adalah kebutuhan dasar dari semuanya. “Kalau sektor pendidikannya bagus, Kabupaten Tuban akan bangkit dari segala lini. Kita mengajak semua pihak, perayaan Hari Guru Nasional ini dijadikan momentum dalam membangkitkan semangat dunia pendidikan di Kabupaten Tuban,” harapnya.

Dalam kegiatan ini juga dilanjutkan dengan pengukuhan pengurus PGRI Kabupaten Tuban oleh Bupati Tuban Kabupaten Tuban. Serta pemberian Anugerah Guru Berdedikasi Tahun 2021. NAL

Print Friendly, PDF & Email