oleh

Ini Alasan Piala Bupati Tuban HJT ke-728 Tanpa Melibatkan KONI

seputartuban.com, TUBAN – Perhelatan kompetisi pertandingan olahraga dalam rangka Hari Jadi Kabupaten Tuban ke-728 berbeda dari peringatan tahun sebelumnya. Kali ini induk olahraga di Kabupaten Tuban yakni Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kab. Tuban tidak dilibatkan.

Sesuai jadwal yang dipublikasikan Pemkab Tuban, momentum pertandingan olahraga 9-11 november lalu. Dengan pertandingan bola voli, bola basket, voli pantai, sepak takraw, tenis meja dan renang diprakarsai oleh Dinas Pariwisata Kebudayaan Pemuda dan Olahraga (Disparbudpora).

Selain itu juga mempertandingkan antar desa, bulu tangkis, catur, panahan, e-sport, panjat tebing dan gulat. Juga pencak silat yang dilaksanakan 21-22 Desember 2021 yang mempertandingkan antar kecamatan atau perwakilan kecamatan. Olahraga yang dipertandingkan tersebut memiliki pengurus cabang olahraga di Kab. Tuban dan bergabung di KONI Kab. Tuban.

Salah satu yang baru dipertandingkan adalah Pencak Silat. Dilaksanakan di Gedung Tenis Indoor. Dalam pembukaan dihadiri Bupati dan Ketua IPSI Kabupaten Tuban. Namun secara operasional tidak melibatkan KONI, begitupun pertandingan olahraga lainnya.

Sedangkan peringatan HJT ke-726 tahun 2019 lalu, salah satu kegiatan perlombaan yakni drumband Bupati CUP II selain melibatkan Disparbudpora juga KONI Kab. Tuban. Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kab. Tuban, Arif Handoyo mengatakan bahwa tidak dilibatkannya KONI dalam Piala Bupati dalam rangka HJT ke 728 ini dikarenakan sejumlah hal.

“Ini dalam rangka peringatan hari jadi. Di hari jadi pelibatan kegiatan banyak mempergunakan tenaga ASN (aparatur sipil negara). Tidak hanya olahraga termasuk kegiatan yang lain,” ungkapnya. NAL