oleh

Polres Tuban Gelar Deklarasi Damai Lintas Perguruan Silat

seputartuban.com, TUBAN – Sebanyak 11 perguruan pencak silat yang berada dibawah naungan Ikatan Pencak Silat Indonesia ( IPSI) Kabupaten Tuban, mengikuti deklarasi damai bersama Polres Tuban, Kodim 0811 Tuban dan Pemerintah Kabupaten Tuban. Dilaksanakan di Gedung Serba Guna Polres Tuban, Rabu (25/01/2022). Dalam kegiatan tersebut hanya diwakili oleh pengurus dari masing-masing perguruan. Lantaran masih dalam Pendemi Covid-19.

Kapolres Tuban, AKBP Darman mengatakan dalam deklarasi damai ini pihaknya ingin membangun bersama dalam menjaga Keamanan dan Ketertiban Masyarakat ( Kamtibmas) di Kabupaten Tuban. “Mari kita bangun bersama Kamtibmas, Dan saling menjaga keharmonisan dalam berorganisasi. Apabila ada perbedaan bisa dikomunikasikan dengan baik,” katanya.

Darman menjelaskan, memang perlu diakui, semakin besar organisasi atau perguruan memang tantangannya sangat besar dalam mengendalikan anggotanya. Tapi hal ini sebagai pemacu untuk terus berupaya dalam mendidik.

“Mungkin yang sudah senior sudah bisa mengendalikan diri, akan tetapi yang masih jiwa mudah yang mungkin masih  sulit untuk  dikendalikan. Karena rata-rata mereka masih butuh pengakuan dan belum bisa menemukan jati dirinya,” jelasnya.

Dalam kesempatan ini, kegiatan ini tidak hanya deklarasi damai tetapi juga penandatanganan komitmen bersama. Yang intinya membangun sinergitas dalam membangun Kabupaten Tuban. Saling menjaga antar perguruan dan apabila terjadi konflik maka diselesaikan secara hukum yang berlaku.

“Kami berharap hal ini bisa diintruksikan ke seluruh anggota sampai tingkat bawah, Juga saya intruksikan kepada Polsek jajaran untuk segera membuat paguyuban antar perguruan agar nantinya memudahkan kordinasi,” pungkasnya. RHOFIK SUSYANTO

Terbaru