oleh

Pilkada Diputuskan 9 Desember, Kebutuhan Anggaran Naik

seputartuban.com, TUBAN – Pemerintah Pusat, DPR RI, KPU RI, Bawaslu dan DKPPU telah menetapkan bersama Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) akan dilaksanakan pada, Rabu (9/12/2020). Selain memastikan pelaksanaan Pemilu, soal anggaran juga jadi bahan pembicaraan. Karena penyesuaian atas situasi, kemungkinan besar membutuhkan anggaran tambahan secara berjenjang.

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Tuban, Fathul Ihsan, Kamis (28/12/2020) menegaskan tahapan Pilkada akan dilanjutkan mulai 15 Juni mendatang. “Dalam waktu dekat ini tahapan Pilkada adalah pengaktifan kembali PPK dan PPS lalu pembentukan PPDP dan dilanjutkan pemutakhiran data pemilih,” katanya.

Ketua KPU Kab. Tuban, Fathul Ihsan

Dipastikan penyelenggaraan Pilkada akan mematuhi protokol keamanan Covid-19. Namun secara teknis masih menunggu petunjuk teknis dari KPU RI. “Kita menunggu juknisnya (petunjuk teknisnya) terkait dengan Pilkada kedepn.Karena semua wajib menggunakan protokol keamanan Covid-19,” jelasnya.

Dipastikan pula akan ada penambahan penambahan anggaran. Karena akan ada penambahan Tempat Pemungutan Suara (TPS). Hal itu wujud untuk mengurangi kerumunan massa. Dengan tambahnya TPS, maka jelas menambah kebutuhan anggaran lainnya. “Tambahan anggarannya juga terkait nambahnya petugas KPPS, petugas keamanan TPS dan dana pembuatan TPS,” pungkasnya. RHOFIK SUSYANTO

Terbaru