oleh

Dua Puluh Kampung Tangguh Semeru Diresmikan Kapolres dan Pimpinan Daerah Tuban

seputartuban.com, TUBAN – Kapolres Tuban, Bupati Tuban dan Danramil Tuban, Kamis (28/5/2020) meresmikan 20 Kampung Tangguh Semeru. Peresmian secara simbolis dilakukan di Dusun Karangdowo, Desa Socorejo, Kecamatan Jenu, Kabupaten Tuban.

Pandemi Corona Virus Disease 2019 (Covid-19), menjadi permasalahan global hingga lokal. Dampak sosial, ekonomi timbul ditengah masyarakat. Sehingga diperlukan langkah bersama dalam menangani penyebaran virus maupun penanganan dampak secara bersama.

SEMANGAT BERSAMA : Bupati Tuban (berpeci) bersama Kapolres Tuban dan Dandim 0811 Tuban saat meresmikan Kampung Tangguh Semeru

Termasuk pentingnya peran masyarakat juga sangat mempengaruhi kesuksesan segala upaya yang dilakukan para pihak. Diantara menguatkan kesadaran masyarakat untuk taat menjalankan protokol kesehatan serta peran lainnya. Untuk menampung partisipasi tersebut, masyarakat dapat berperan menjadi petugas Kampung Tangguh Semeru. Yang sedang dicanangkan Kapolda Jatim, Irjen Pol. Fadil Imran.

Kampung Tangguh Semeru adalah upaya pelibatan masyarakat di tingkat desa yang secara sadar dan bersama-sama berupaya mencegah penyebaran Covid-19 serta membantu mengatasi dampak sosial yang timbul di desanya. Dengan penerapan protokol kesehatan di desa tersebut, kamar isolasi, tim pemulasaraan jenazah. Dengan membantu menguburkan korban akibat Covid-19 yang meninggal dunia. Lumbung pangan yang berisi berbagai bahan pokok, serta berbagai kelengkapan lainnya.

Kapolres Tuban, Ruruh Wicaksono, mengatakan dengan dibentuknya Kampung Tanggung Semeru, diharapkan dapat membantu meningkatkan kesadaran masyarakat dan sekaligus membantu. Sehingga penyebaran virus dapat dicegah dan dampak buruk dapat teratasi.

“Semoga keberadaan Kampung Tangguh Semeru ini bisa berperan penting untuk ikut mencegah penyebaran Covid-19 serta membantu mengatasi dampak sosial yang timbul. Ke depannya Kampung Tangguh Semeru diharapkan juga akan mampu menyelesaiakan berbagai bentuk permasalahan sosial yang timbul,” harapnya.

Program ini juga diharapkan dapat menyiapkan masyarakat dalam menghafal New Normal. “Selain itu bersamaan dengan upaya pemerintah pusat untuk mengajak masyarakat agar siap menyambut dan menghadapi situasi normal yang baru (new normal) maka keberadaan Kampung Tangguh Semeru ini juga akan dapat membantu agar masyarakat semakin disiplin menjalankan protokol kesehatan yang ada,” imbuhnya.

Bupati Tuban, Fathul Huda peresmian ini diharapkan tidak formalitas saja. Namun dapat benar-benar dijalankan dan dapat diikuti desa lainnya di Kabupaten Tuban. “Saya sangat berharap ini tidak hanya seremonial, namun bisa berkelanjutan, bermanfaat dan diikuti desa-desa lainnya,” ungkapnya.

Dalam rangkaian kegiatan ini Kapolres juga memberikan bantuan berupa Rompi Kampung Tangguh, Alat Pengaman Diri (APD) serta sembako berupa mie instan, telur dan minyak goreng. Hadir pula Dandim 0811 Tuban, Letkol Inf. Viliala Romadhon, Kepala Desa Socorejo dan jajaran pemerintah Kabupaten Tuban.

Pada acara peresmian Kampung Tangguh Semeru ini, ditampilkan juga simulasi pemulasaraan jenazah. Peninjauan lumbung pangan yang disampingnya juga terdapat usaha masyarakat mandiri pembuatan masker kain untuk diberikan kepada masyarakat yang membutuhkan. NAL

Terbaru