oleh

Pertama Di Tuban, Kajari Jadi Guru SLTA

SINGGAHAN

seputartuban.com – Para pelajar sangat perlu diberikan pendidikan anti korupsi. Agar mereka sejak dini memiliki karakter yang kuat, salah satunya dengan menanamkan sikap jujur. Pemahaman dan penanaman kejujuran ini sebagai tindakan pemberantasan korupsi. Serta diperlukan komitmen bersama semua pihak yang berkaitan dengan pelajar untuk melakukanya.

KEJUTAN : Kepala Kejaksaan Negeri Tuban, Yuswadi saat memberikan hadiah kepada siswa yang dapat menjawab pertanyaanya
KEJUTAN : Kepala Kejaksaan Negeri Tuban, Yuswadi saat memberikan hadiah kepada siswa yang dapat menjawab pertanyaanya

Kepala Kejaksaan Negeri Tuban, Yuswadi, Rabu (20/11/2013) saat menjadi narasumber Jurnalis Safari di SMKN 1 Singgahan, mengatakan banyak upaya pendidikan anti korupsi sudah dilakukan. Selain sosialisasi juga melakukan upaya lain, namun masih tetap perlu terus ditingkatkan. “Ada sekolah yang membuka kantin kejujuran. Tapi bukanya untung, malah kantinya bangkrut,” ungkapnya.

Dihadapan 100 siswa SMKN 1 Singgahan, SMA 1 Singgahan dan MA Al Hidayah, Kajari juga menjelaskan tugas dan fungsi kejaksaan. Hal ini dilakukan agar siswa juga mengetahui prosedur dan proses hukum di Indonesia. “Kejaksaan selain sebagai Jaksa penuntut umum, juga sebagai pengacara negara dan pemberantasan korupsi,” jelasnya.

Dalam kesempatan ini, Kajari juga mendapat pertanyaan dari siswa. Bagaimana memberantas korupsi di Indonesia dan upaya yang sudah dilakukan apa saja ?. “Kita juga melakukan sosialisasi ke dinas-dinas, mungkin juga akan ke Dinas Pendidikan. Acara ini juga bagian dari pemberantasan korupsi. Untuk tindakan lain kita sudah proses hukum tindakan korupsi di Tuban,” tegasnya.

Dalam acara ini juga hadir Dandim 0811 Tuban, Letkol Kav. Rahyanto Edy Yunianto menyampaikan materi wawasan kebangsaan dan bela negara. Sedangkan Ketua DPRD Tuban, Kristiawan, menyampakan materi Motivasi dan Pengembangan Diri serta Materi Pengelolaan Majalah Dinding disampaikan praktisi jurnalis di Tuban.

Acara ini diselenggarakan oleh Panitia Jurnalis Safari yang terdiri dari beberapa wartawan yang bertugas diwilayah Kab. Tuban dan didukung sepenuhnya oleh PT Semen Indonesia. Sebelumnya sudah dilakukan acara serupa di Kecamatan Tuban, Kecamatan Kerek dan Kecamatan Montong. Kemudian pada Sabtu (30/11/2013) diagendakan akan dilaksanakan diwilayah Kecamatan Bangilan. (min)

Terbaru