Published On: Kam, Nov 7th, 2013

Lagi, Ratusan Warga Mlangi Gruduk Kantor Pemkab

TOTAL POSITIF
ORANG
Positif
TOTAL SEMBUH
ORANG
Sembuh
TOTAL MENINGGAL
ORANG
Meninggal
INDONESIA

POSITIF , SEMBUH , MENINGGAL

Indonesia
Sumber data : Kementerian Kesehatan & JHU. Update terakhir :
Share This
Tags

TUBAN

seputartuban.com – Ratusan warga Desa Mlangi, Kecamatan Widang, Kabupaten Tuban kembali mendatangi Kantor Pemkab Tuban, Rabu (06/11/2013). Hal ini sebagai aksi lanjutan yang dilakukan Senin (04/11/2013) kemarin.

Demo Warga Mlangi

KESAL : Warga Desa Mlangi, Kecamatan Widang saat didepan kantor Pemkab Tuban

Perwakilan dari pengunjuk rasa ditemui oleh Wakil Bupati Tuban, Noor Nahar Husein. Namun pertemuan itu tidak membuahkan hasil berarti. Bagi 561 petani penggarap 409 hektar tanah negara (TN) yang dipakai proyek pembangunan waduk Jabung Ring Dike tersebut.

Muswadi (41), perwakilan penggarap saat mengatakan, sejak awal proses pengajuan kompensasi sudah dilakukan ditingkat desa. 36 penggarap yang dikasih ganti rugi dan juga ada 59 penggarap yang sudah dilakukan pengukuran oleh pihak Badan Pertanahan Nasional (BPN) seluas 299,703 meter persegi, dan sudah berupa peta bidang.

“Saat ini pemerintah desa mau minta payung hukum, sampai saat ini dari pihak Kejaksaan belum bisa memberi keputusan. Kita minta kepastian kapan masalah ini akan terselesaikan. Saat ini warga semakin resah dan menunggu kepastiannya,” tuturnya.

Terpisah, Wakil Bupati Tuban, Noor Nahar Husein saat dikomfirmasi mengatakan Pemkab Tuban akan memediasi permasalahan ini sampai selesai. Dengan meminta pemerintah desa melakukan pendataan ulang dan diajukan ke Kejaksaan Negeri Tuban untuk dikaji dan dibuatkan payung hukumnya.

“Yang bisa dikasih ganti rugi sesuai dengan peraturan adalah warga yang menggarap tanah negara secara terus menerus atau tidak terputus-putus. Akan kita lakukan pendataan dan mengkaji data yang akan disiapkan oleh pemerintah desa,” jelasnya.

Wabup berharap permasalahan ini dapat selesai sesuai dengan peraturan yang ada. Agar tidak terjadi permasalahan dikemudian hari. “Kita tidak ingin permasalahan ini seperti yang terjadi di Jabung, Lamongan. Karena kepemilikannya tidak jelas setelah diproses dipengadilan warga harus mengembalikan uang ganti rugi. Warga kami jangan sampai seperti itu,” harapnya.

Usai pertemuan, perwakilan warga, pihak pemerintah desa dan Muspika memberikan penjelasan kepada masa yang menunggu diluar kantor. Mendapat penjelasan hasil rapat, ratusan warga sempat marah. Namun dapat mereda dan pulang dengan mengendarai 4 mobil pick up dengan mendapat pengawalan dari petugas Polsek Widang. (lis)

Facebook Comments

Print Friendly, PDF & Email

About the Author

Videos

TOTAL POSITIF
ORANG
Positif
TOTAL SEMBUH
ORANG
Sembuh
TOTAL MENINGGAL
ORANG
Meninggal
INDONESIA

POSITIF , SEMBUH , MENINGGAL

Indonesia
Data Update Coid-19 Indonesia Sumber data : Kementerian Kesehatan & JHU. Update terakhir :