Ketua DPRD Tuban Temua Aksi Aliansi Mahasiswa

seputartuban.com, TUBAN – Aliansi mahasiswa yang Kabupaten Tuban, melakukan unjuk rasa yang dilaksanakan di Gedung Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Tuban, Kamis (14/04/2022).

Aliansi mahasiswa tersebut berasal dari Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia (GMNI), Himpunan Mahasiswa Indonesia (HMI), Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM) dan Liga Mahasiswa Nasional untuk Demokrasi (LMND).

Kordinator Lapangan (Korlap), Yayan Heldy mengungkapkan dalam aksi ini  merupakan bagian dari aksi serentak se Indonesia. Untuk menyurasakan aspirasi rakyat. Mereka menyampaikan tuntutannya kepada DPRD Tuban untuk disampaikan ke pemerintah pusat.

Yakni, menolak penundaan pemilu dan perpanjangan masa jabatan Presiden. Menolak kenaikan harga Bahan Bakar Minyak (BBM) dan bahan pokok. Menolak kenaikan Pajak Pertambahan Nilai (PPN), serta dugaan persekongkolan mega proyek ibu kota baru (IKN). “Kami meminta kepada pihak DPRD, agar aspirasi yang kami sampaikan dapat disampaikan sampai ke pusat,” ungkapnya.

Ketua DPRD Tuban, M. Miyadi yang menemui mahasiswa menegaskan menerima aspirasi mereka. Serta akan menyampaikan ke pemerintah pusat sesuai tuntutan mahasiswa. “Terimaksih atas kepedulian aliansi mahasiswa, atas kepedulian terhadap bangsa kita dengan adanya beberapa isu yang sudah berkembang saat ini,” ujarnya.

Miyadi menjelaskan bahwa, tuntutan yang disampaikan mahasiswa membuat pemerintah daerah tidak dapat berbuat banyak. Karena kebijakan tersebut berada di kewenangan pemerintah pusat. Namun, DPRD Tuban memastikan petisi mahasiswa akan diteruskan ke Presiden RI, DPR RI maupun lembaga negara lainnya.

“Karena isu ini merupakan isi nasional, maka dari daerah tidak bisa berbuat banyak. Namun kami akan kawal tuntutan tersebut untuk diteruskan ke presiden RI, DPR RI atau ke instansi yang lain,” tegasnya. RHOFIK SUSYANTO/Par

Print Friendly, PDF & Email