oleh

CJH 2022 Dibatasi Usia Maksimal 65 Tahun

seputartuban.com, TUBAN – Pemerintah Saudi telah resmi mengumumkan penyelenggaraan haji 1443 H atau tahun 2022, dengan total jamaah mencapai 1 juta orang. Dengan pembatasan usia dibawah 65 tahun.

Kepala Kantor Kementrian Agama (Kemenag) Kabupaten Tuban, Ahmad Munir, Kamis (14/04/2022) menjelaskan pihaknya langsung menindaklanjuti aturan ini. Dengan mendeteksi Calon Jamaah Haji (CJH) yang masuk kategori pembatasan usia. “Setelah dihitung ada kurang lebih 880 Calon jamaah haji  (CJH) yang berusia dibawah 65 tahun. Sedangkan kurang lebih  248 CJH yang berusia diatas 65 tahun,” katanya.

Munir menambahkan, kemungkinan jumlah tersebut bisa bertambah karena masih ada paspor yang belum bisa tarik data vaksin dan  paspor baru serta paspor perpanjangan. Kemungkinan masih ada usia diatas 65 tahun. “Pembatasan usia CJH ini berlaku untuk semua CJH, baik yang reguler maupun calon haji khusus,” ungkapnya.

Selain itu, Munir juga berharap kepada masyarakat terkait dengan aturan yang sudah ditetapkan oleh pemerintah arab Saudi. Mungkin aturan ini menimbulkan kekecewaan sebagian besar CJH di Kabupaten Tuban. “Kami berharap masyarakat kabupaten Tuban, terutama CJH yang belum dapat berangkat karena aturan usia. Agar  dapat memahami keadaan yang sudah ditetapkan karena aturan tersebut dibuat oleh pemerintah Arab Saudi,” harapnya. RHOFIK SUSYANTO

Terbaru