oleh

Ketua DPRD Minta Para Pihak Usut Tuntas Insiden Jatuhnya Pekerja di Kantor Pemkab Tuban

seputartuban.com, TUBAN – Peristiwa jatuhnya pekerja yang sedang memperbaiki air conditinoner (AC) atau pendingin udara dari lantai 3 Kantor Pemkab Tuban, Jumat (3/12/2021) membuat Ketua DPRD Tuban, M. Miyadi angkat bicara. Karena kejadian di lokasi kantor pejabat utama eksekutif Pemkab Tuban. Banyak hal yang harus didalami atas kejadian ini.

Ketua DPRD Tuban mengucapkan bela sungkawa atas meninggalnya Anton Prasetyo tersebut. Lebih dari itu, dia meminta kepada para pihak melakukan penyelidikan mendalam atas kejadian ini. “Berharap untuk dikaji dan teliti tentang kejadian ini. Apakah yang menyebabkan kecelekaan tersebut terjadi murni kesalahan pekerja atau penyebab yang lain,” ungkapnya.

Kemudian hasil penyelidikan tersebut dilakukan pembinaan tentang Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3). “Setelah dilakukan kajian dan penelitian, maka perlu dilakukan pembinaan terhadap para kontraktor dan pekerja dimanapun berada. Karena keselamatan tenaga kerja wajib dijaga,” tegasnya.

Kemudian bagi pihak Pemkab Tuban, Miyadi meminta untuk evaluasi dan perbaikan diri agar kejadian serupa tidak terulang. “Dari kejadian ini Pemkab harus intropeksi diri atas kejadian tersebut. Agar  tidak terulang kembali. Sehingga tidak menjadi idiom bagi orang jawa apakah ini tumbal pejabat baru atau tidak,” jelasnya.

Pembinaan secara teknis K3 harus dilakukan dengan serius dan maksimal. “Perlu ada pembinaan secara inten kepada para kontraktor dan pekerja untuk bekerja dengan sarana dan prasarana serta peralatan yg dipersiapkan memadai untuk menghindari kecelakaan tidak terulang kembali,” katanya.

Disoal dugaan awal bahwa pekerja saat kejadian tidak menggunakan tali pengaman, politisi mantan aktivis mahasiswa itu menegaskan jika memang terdapat unsur pidana, juga harus diproses. “Kalau karena ada kelalaian, maka harus ditindaklanjuti dgn prosedur hukum,” tegasnya.

Kepala Dinas Penanaman Modal, PTSP dan Tenaga Kerja Kabupaten Tuban, Endah Nurul Kumarijati menjelaskan bahwa K3 tanggungjawab perusahaannya. “SOP untuk keamanan dan keselamatan kerja merupakan bagian dari program K3 di perusahaan,” ungkapnya.

Dia juga mengklaim Pemkab Tuban selama ini sudah berupaya menegakkan pelaksanaan K3 dalam pelaksanaan pekerjaan. “Pemkab selalu mengajak seluruh perusahaan untuk meningkatkan pelaksanaan program K3 ini. Salah satunya adalah memberikan reward bagi perusahaan pelaksana K3 terbaik dan zerro accident,” tutupnya. NAL