oleh

Inilah Faktor Laka Lantas Menurut Kapolda Jatim

seputartuban.com, TUBAN – Untuk  memastikan arus lalu lintas arus balik IdulFitri 1443 H, Kapolda Jawa Timur Irjen Pol Nico Afinta, mengunjungi pos pelayanan yang didirikan oleh Polres Tuban di Res Area  kawasan Jalan RE. Martadinata, Senin (9/05/2022).

Saat melakukan pengecekan pos pelayanan, Kapolda Jatim juga di dampingi Wakil Bupati Tuban, H.Riyadi, Kapolres Tuban, AKBP Darman serta jajaran pejabat utama Polda Jatim dan Polres Tuban. “Kita ketahui bersama bahwa arus lalin (lalu lintas) semuanya lancar, dan pada saat puncak arus balik di hari sabtu dan minggu untuk arus lalin di Pantura ini juga  terpantau lancer,” kata Kapolda Jatim.

Nico menambahkan, dengan adanya arus mudik tahun ini dibandingkan tahun lalu berbeda. Jika tahun ini dampaknya sangat positif, karena membuat ekonomi masyarakat  mulai menggeliat. “Inilah dampak positif dari pada masyarakat yang mudik, disamping arus lalin lancar pedagang kaki lima juga dapat menikmati dampaknya,” imbuhnya.

Selain itu, Nico menjelaskan ada empat kasus kecelakaan yang fatal selama pelaksanaan Operasi Ketupat Semeru 2022. Kecelakaan sendiri terjadi rata-rata terhadap roda empat dengan kesalahan pada faktor manusia. Nico meminta para pemudik untuk berhati-hati dalam berkendara dan beristirahat saat kondisi capek, lelah, dan mengantuk.

“Untuk data yang dikumpulkan ada empat faktor  kecelakaan, yakni faktor  kendaraan faktor manusia. Faktor Jalan dan faktor alam dan rata-rata karena faktor manusia. Penyebabnya karena kelelahan. Sehingga kami imbau saat kelelahan dan ngantuk silakan untuk istirahat di pos pam atau pos pelayanan yang telah disiapkan. Untuk data lengkapnya nanti akan kita kompulirkan minggu depan,” jelasnya

Meski mudik lebaran telah berakhir,  Nico menegaskan pihaknya masih akan memperpanjang waktu satu pekan ke depan untuk operasi ini. “Untuk waktu operasi diperpanjang hingga satu pekan. Secara keseluruhan arus Lalin di jajaran Polda Jatim lancer,” tutupnya.

Dalam kunjungan tersebut, Kapolda Jatim juga menyempatka untuk mencoba aplikasi baru yang Judah di launcing oleh Satlantas Polres Tuban, yakni aplikasi Raden Mas. RHOFIK SUSYANTO