Published On: Jum, Jan 18th, 2013

Hiu Tutul Seberat 1 Ton Terjaring Nelayan

Share This
Tags

Penulis : Pito Suwarsono/Hanafi

BANCAR

seputartuban.com – Seekor Hiu tutul seberat 1 ton tertangkap jaring nelayan. Hiu sepanjang 6 meter lebih itu terjaring nelayan Desa Bulu, Kecamatan Bancar, Kabupaten Tuban, Kamis (17/1/2013).

Ikan raksasa ini berawal dari seorang nelayan, bernama Tasripan bersama tiga anak buahnya. Masing-masing Asrofi, Nasukha dan Suwarno yang baru mengawali aktifitasnya mencari ikan dilaut jawa. Selepas cuaca buruk yang melanda akhir-akhir ini.

Sesaat setelah keberangkatnya ke tengah laut, yang berjarak 3 mil dari bibir pantai Desa Bulu, Kecamatan Bancar, Kabupaten Tuban. Ternyata jaring milik Tasripan yang ditebarkan ke laut menyangkut seekor ikan hiu tutul berukuran besar.

Setelah kesulitan untuk melepaskanya karena tali jaring sudah terlanjur membelit tubuh ikan hiu tersebut. Kemudian tasripan bersama anak buahnya meminta pertolongan kepada nelayan lainya yang juga sedang mencari ikan didekat perahunya. Untuk membantu melepaskan jaring tersebut dari tubuh ikan hiu

Karena tidak dapat dilepaskan, kemudian perahu Tasripan bersama dua prahu nelayan lainya menggiring hiu tutul tersebut ke tepi pantai bersama jaringnya dengan tujuan untuk melepasnya. “sebenarnya kita sudah berusaha melepaskanya, tapi tidak bisa. Dan saya minta bantuan yang lainya untuk membawa ke daratan,” ungkap Tasripan.

Dan setelah dipantai ahkirnya ikan hiu tutul nahas ini dievakuasi kedaratan dengan menggunakan tali dan dan diseret dengan sebuah dump truck. Kemudian hiu tersebut dijual kepada warga dengan harga Rp. 1,5 juta.

Kapolsek Bancar, AKP Mohammad Supar saat dikonfirmasi, mengatakan bahwa, hiu ini kemudian dibeli oleh pengelola perusahaan pengeringan ikan. Yakni milik Ahmad Suyuti (49) warga setempat. “Agar bisa dimanfaatkan, hiu itu akan dikeringkan, karna saat berada dipantai sudah hampir mati,” ungkapnya.

Banyaknya warga yang datang ke lokasi yang berada di tepi jalur pantura Tuban – Semarang. Membuat jalur pantura macet sepanjang sepuluh kilo meter lebih, dan berlangsung selama berjam jam.

Foto : Hiu saat dievakuasi dipantai setempat jadi tontonan warga

Facebook Comments

Print Friendly, PDF & Email

About the Author

Videos