Published On: Sab, Nov 16th, 2013

Fraksi PDI Perjuangan Menyoal Pengawasan Obat Kadaluarsa Lemah

Share This
Tags

TUBAN

seputartuban.com –  Ketua Fraksi PDI Perjuangan, Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Tuban, Karjo menyoal lemahnya pengawasan obat di Kabupaten Tuban. Hal itu disampaikannya saat dikonfirmasi di gedung DPRD Kabupaten Tuban pada Jum’at (15/11/2013) siang.

Obat Kadaluarsa

BAHAYA : Inilah obat kadaluarsa yang dijual kepada konsumen

Menurutnya, peredaran obat -obatan di Tuban dalam pengawasanya sangat lemah. Terbukti masih sering ditemui obat sudah kadaluarsa masih dijual kepada masyarakat. Sehingga sangat membahayakan kepada para konsumen.

Ketua Fraksi yang juga Ketua DPC PDI Perjuangan Kabupaten Tuban itu juga menjelaskan bahwa dalam Undang-Undang No 8 tahun 1999 tentang perlindungan konsumen sudah jelas. Bahwa dalam pasal 4 dijelaskan, konsumen memiliki hak untuk mendapat kenyamanan, keamanan, dan keselamatan dalam mengkonsumsi barang atau jasa.

Selain itu, Karjo juga mengungkapan adanya hak untuk menukarkan nilai barang terhadap harga jualnya. Sehingga apabila konsumen memperoleh barang seperti obat yang tidak layak konsumsi, maka penjual harus menggantinya.

Terkait Apotik yang menjual obat kadaluarsa, dikarenakan kurangnya kedisiplinan pengelola dalam pengawasan anak buahnya. Sehingga pihaknya berharap Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) dan dinas terkait bisa bekerjasama untuk segera menindak pelanggaran ini.

Karena lemahnya ini, melalui komisi yang membidangi, Kader PDI Perjuangan akan diminta melakukan inspeksi mendadak (Sidak) terkait peredaran obat-obatan di Tuban. “Kita akan kembali koordinasi dengan instansi terkait. Sidak jelas secepatnya akan dijadwalkan. Aturannya jelas, perlindungan konsumen sudah diatur,” ujarnya.

Terpisah, Kepala Dinas Kesehatan Tuban, Saiful Hadi, saat dikonfirmasi mengatakan pihaknya akan berkoordinasi dengan instansi terkait. “Kita awasi, mungkin ada ketledoran sedikit. Kita jadwalkan koordinasi,” pungkasnya. (han)

Facebook Comments

Print Friendly, PDF & Email

About the Author

Videos