oleh

Fakultas Pertanian USB dan UPN Veteran Surabaya Dampingi Petani Klengkeng

seputartuban.com, TUBAN – Fakultas Pertanian Universitas Sunan Bonang (USB) berkejasama dengan Fakultas Pertanian Universitas Pembangunan Nasional (UPN) Veteran Surabaya, melakukan pendampingan kepada petani klengkeng untuk budidaya Trigona (Serangga) sebagai polinator (perantara penyerbukan tanaman) yang dilakukan di Kecamatan Palang, Rabu (1/9/2021)

Ketua Kelompok Tani, Kiswandono, mengatakan pendampingan ini sangat bermanfaat bagi para petani klengkeng dalam kelompoknya. “Selama ini petani hanya tau prakteknya jadi kalau teknisnya jarang tahu. Kedepan pendampingan ini  perlu dilakukan lebih intens lagi dengan bidang-bidang yang lain,” katanya.

Ketua Tim Pengabdian Masyarakat UPN Veteran Surabaya, Wiwin menjelaskan pendampingan ini banyak manfaatnya.  Karena meningkatkan kualitas sumberdaya manusia sekaligus meningkatkat kesejahteraan mereka.

Wiwin melanjutkan, mungkin petani sudah banyak mendengar tentang budidaya Trigona sebagai Polinator. Namun dari segi ilmu, mungkin belum pernah secara langsung mempraktekkannya dan secara teori yang efektif.

“Apalagi diera pandemi seperti ini, budidaya seperti ini sangat membantu. Karena bisa dikerjakan mandiri lebih mudah dilakukan dan tidak membutuhkan modal yang banyak,” jelasnya.

Sementara itu, perwakilan dari UPTD Dinas Pertanian Kecamatan Palang, Aspuri berharap dengan kegiatan ini dapat membantu  peningkatan kapasitas petani. Terutama pentingnya inovasi-inovasi baru. “Kedepannya  kegiatan semacam ini kalau bisa diperluas. Mungkin tidak hanya disatu desa. Tapi bisa kita kembangkan di desa-desa lain sehingga nanti ada pemerataan inovasi yang diterima oleh petani,” harapnya.

Dekan Fakultas Pertanian USB, Maimunah menegaskan, selain mewujudkan kerjasama yang selama ini telah terjalin baik dengan UPN, juga bagian dari  mewujudkan Merdeka Belajar Kampus Merdeka. “Dosen dan mahasiswa dari kampus lain bisa saling bertukar pengalaman. Hal ini menambah banyak pengalaman, ilmu dan wawasan,” pungkasnya. RHOFIK SUSYANTO

Terbaru