oleh

Kemenag Cairkan Insentif Guru Non PNS Bulan Ini Rp. 4 Miliar Lebih

seputartuban.com, TUBAN – Kementerian Agama tengah memproses pencairan insentif bagi guru madrasah bukan PNS. Diperkirakan mulai cair pada September 2021.

Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Tuban, Sahid mengatakan insentif ini diberikan kepada guru bukan PNS pada Raudlatul Athfal (RA), Madrasah Ibtidaiyah (MI), Madrasah Tsanawiyah (MTs), dan Madrasah Aliyah (MA). “Insentif ini bertujuan untuk  memotivasi guru bukan PNS, Untuk lebih berkinerja dalam meningkatkan mutu pendidikan,” katanya, Selasa (31/8/2021).

Sahid menjelaskan, jumlah guru yang layak menerima 2.392. Sedangkan kuota penerima dari Kemenag Pusat 1.499 Guru dengan anggaran Rp. 4.497.000.000.

Adapun  Syarat Penerima antara lain, berstatus guru RA dan madrasah, memenuhi kualifikasi akademik S-1 atau D-IV, memenuhi beban kerja minimal 6 jam tatap muka. Bukan penerima bantuan sejenis yang dananya bersumber dari DIPA Kementerian Agama serta belum usia pensiun (60 tahun).

“Tidak terikat sebagai tenaga tetap pada instansi selain RA/Madrasah, dan tidak merangkap jabatan di lembaga eksekutif, yudikatif  atau legislatif,” jelasnya.

Selain itu, syarat mendapatkan insentif masing- masing guru mengajukan secara individu dari akun SIMPATIKA diketahui Kepala Madrasah. “Untuk mekanisme pencairan bantuan disalurkan melalui rekening bank masing-masing guru dari Dirjen GTK Madrasah Pendis Kemenag RI,” pungkasnya. RHOFIK SUSYANTO

Terbaru