oleh

“Drama” Bupati Cup Pelajar Tuban Tahun 2022 Berlanjut

seputartuban.com, TUBAN – Usai ramai soal pembebanan biaya sekolah/madrasah untuk partisipasi dalam Bupati Cup Tuban Pelajar Tahun 2022, kini terjadi perubahan skema pembiayaan. Kalangan madrasah sudah ada penegasan tidak ada pungutan. Sedangkan sekolah dibawah Dinas Pendidikan (Diknas) Tuban masih berlanjut. Selain itu, pelibatan Cabang Olahraga (Cabor) juga masih belum optimal. Sedangkan sisi anggaran dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD), dinas enggan menyampaikan dengan detail.

Usai ramai dibicarakan publik akibat pemberitaan seputartuban.com Bupati Cup Pelajar Tuban 2022 “Dibiayai” Sekolah ? Kantor Kementrian Agama Kabupaten Tuban bersikap dengan mengeluarkan surat edaran. Nomor B-1622/Kk.13.17/2/PP.00/7/2022, perihal Ralat Pelaksanaan Bupati Cup Tahun 2022. Surat yang ditandatangani langsung Kepala Kemenag Tuban tersebut mencantumkan 5 poin. Yang poin terpenting adalah “Kegiatan Bupati Cup dapat diikuti dan dilaksanakan dengan catatan tidak memungut biaya dari siswa/Lembaga”. Melalui surat ini ditegaskan bahwa Bupati Cup tidak diperbolehkan membebani biaya kepada madrasah.

Berbeda sikap dengan Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Tuban. Plt. Kepala Disdik Tuban, Abdul Rakhmat saat ditanya melalui ponselnya soal pembebanan biaya, enggan berkomentar banyak. Termasuk soal adanya surat pernyataan dan pemanggilan bagi sekolah SD/SMP yang tidak ikut Bupati Cup, juga enggan berkomentar. Dia melempar kepada panitia pelaksana.

“Maaf pak, terkait dengan pelaksanaan Bupati Cup bisa langsung minta konfirmasi ke pihak panitia. Karena yang tahu persis terkait dengan penggunaan biaya itu adalah pihak panita yang bersangkutan. Demikian juga terkait surat pernyataan sebaiknya minta konfirmasi langsung ke yang membuat surat,” tegasnya.

Bupati Tuban Cup Pelajar Tahun 2022, sudah dibuka Sabtu (23/07/2022) jam 18.30 WIB di Lapangan Desa Sumberarum, Kecamatan Kerek. Dihadiri para pejabat Pemkab Tuban dengan kemeriahannya. Yang diperkirakan menghabiskan anggaran yang tidak sedikit.

Kepala Dinas Kebudayaan, Pemuda, Olahraga dan Pariwisata (Disbudporapar) Kabupaten Tuban, Muhammad Emawan Putra  saat ditanya berapa biaya acara pembukaan dan total biaya Bupati Tuban Cup Pelajar Tahun 2022, dia menjawab secara umum. “266 juta”, jawabnya singkat tanpa menjelaskan rinciannya.

Terkait dengan Cabang Olahraga (Cabor) yang dipertandingkan dalam Bupati Tuban Cup ini juga terjadi kondisi yang berbeda. Sekretaris Persatuan Bola Voli Indonesia (PBVSI) Kab. Tuban, Agus Edi Pranoto menegaskan pihaknya tidak tahu perhelatan olahraga yang diwarnai polemik ini. “Maaf sampai sekarang saya kurang paham. Belum (belum ada surat resmi),” katanya.

Ketua Persatuan Tenis Meja Seluruh Indonesia (PTMSI) Kab. Tuban, Sutaji menjelaskan pihaknya dilibatkan untuk tingkat kabupaten. Pihaknya diberi anggaran Rp. 3 juta dan bola tenis meja. “Kami tetap optimal menjalani ini karena demi olahraga di Tuban, demi prestasi anak-anak,” tegasnya. Kondisi serupa juga terjadi di Cabor Sepak Takraw. Pencab dilibatkan dalam perwasitan dan pertandingan. Namun tidak mengetahui soal anggaran.

“Membantu penyelenggaraan putaran tingkat kabupaten. Dilibatkan perwasitan & pertandingan. Belum (diberi anggaran) monggo langsung kontak Bidang Pemuda Olahraga,” Kata Ketua Pengcab Sepak Takraw Tuban, Edi Basuki. NAL

Print Friendly, PDF & Email