oleh

Cuaca Ekstrim, Nelayan Pilih Perbaiki Perahu

TUBAN

seputartuban.com –  Nelayan Kelurahan Kingking, Kecamatan Tuban, Kabupaten Tuban, sementara waktu tidak melaut karena cuaca buruk. Selama beberapa waktu terakhir para nelayan memanfaatkan waktunya dengan memperbaiki perahu.

perbaiki perahu
MANFAATKAN WAKTU : Nelayang memilih membenahi perahu karena tidak melaut

Menurut Slamet (30), salah satu nelayan saat dikonfirmasi, Jum’at (17/01/2014) mengatakan cuaca buruk selama 1 minggu terakhir ini membuatnya  dia tidak melaut. Dengan menggunakan semen dicampur lem, dibantu rekan kerjanya memperbaiki perhau miliknya yang bocor.

Kebocoran badan perahu ditambah mesin rusak karena hempasan ombak saat dia melaut.  “kita belum berani melaut mas, nunggu sampai cuaca kembali normal baru berani melaut lagi,” tuturnya.

Cuaca ekstrim ini diperkirakan berlangsung hingga bulan depan. Ketinggian ombak antara 4 sampai 5 meter, hal ini sangat membahayakan keselamatan nelayan. Sehingga dari pada bertaruh nyawa dilautan lepas, para nelayan memilih tidak melaut sampai cuaca kembali normal.

Kondisi ini mempengaruhi jumlah iklan dipasaran menurun, karena nelayan tidak melaut. “pasokan ikan dipasar-pasar yang ada di Kabupaten Tuban pastinya turun terus. Akibat cuaca yang tidak bersahabat, biasanya akan ada kenaikan harga,” pungkas Slamet. (am)

Print Friendly, PDF & Email

Terbaru