oleh

Cuaca Eskrim Laut Jawa Diperkirakan Sampai Pebruari

TUBAN

seputartuban.com – Nampaknya para nelayan yang ada di Kabupaten Tuban, harus bersabar karena cuaca ekstrim yang menerjang saat ini berakhir Maret 2014. Hingga bulan depan diperkirakan cuaca angin kencang disertai hujan, serta gelombang tinggi.

Kepala Dinas Perikanan dan Kelautan Kabupaten Tuban, Sunarto
Kepala Dinas Perikanan dan Kelautan Kabupaten Tuban, Sunarto

Kepala Dinas Perikanan dan Kelautan Kabupaten Tuban, Sunarto, saat dikonfirmasi kemarin menegaskan dari data Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), prakiraan cuaca pelayaran untuk perairan wilayah Tuban, keadaan cuaca berawan, berpeluang hujan, dengan kecepatan 32 Knot. Serta tinggi gelombang laut jawa mencapai 6 meter.

Untuk itu Sunarto menghimbau kepada nelayan harus bijak menyikapi kondisi cuaca ekstrim ini.  “kalau sudah cuacanya seperti ini, para nelayan harus mencari lain, karena pekerjaan pokoknya (nelayan) belum bisa dilakukan,” himbaunya.

Disoal bantuan kepada nelayan akibat tidak bisa melaut, Pemerintah Kabupaten Tuban akan memberikan bantuan bahan pokok kepada nelayan selama mereka berhenti melaut. Karena Program ini masuk ke dalam program bantuan tanggap darurat. Dengan jangka waktu sekitar 25 hari, atau tergantung kondisi cuaca di laut.

Tercatat sebanyak 13 ribu lebih warga Tuban bekerja sebagai nelayan disepanjang pantai 64 kilometer. Sesuai dengan data nelayan di Tuban tahun 2012. Maka Bantuan beras akan diberikan sesuai data tersebut. Jumlah atau ukuran bantuan disesuaikan dengan jumlah keluarga di rumah. (am)

Terbaru