oleh

Bupati Tuban Sebut Terjadi Tumpang Tindih Gugus Tugas Covid-19

seputartuban.com, TUBAN – Setelah Kabupaten Tuban ditetapkan sebagai Zona Merah penyebaran Corona Virus (Covid -19) Jawa Timur, Bupati Tuban, Fathul Huda melakukan langkah penanganan maupun penanganan lebih.

JUMPA PERS : Bupati Tuban didampingi Wakil Bupati bersama Forkopimda saat memberikan keterangan pers

Bupati Tuban selaku Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan dan Penanggulangan Covid-19 dalam konferensi pers, Kamis (94/2020) menjelaskan langkah-langkah yang akan dilakukan. Mulai penganggaran, kesiapan medis hingga ekonomi. Serta penguatan sistem kerja Gugus Tugas. Khususnya bidang perencanaan dan koordinasi yang matang.

Selain itu, bupati menegaskan dari semua yang ada dalam bagian dari gugus tugas, juga harus melakukan tugas – tugasnya masing-masing dengan benar dan maksimal. Mulai dari tingkat kabupaten hingga tingkat desa. Agar semakin mudah untuk berkordinasi dalam menjelaskan ke masyarakat terkait semua yang harus dikerjakan.

“Namun, sampai saat ini masih ada beberapa kekurangan. Yakni satu diantaranya, diantara gugus ini masih tumpang tindih apa yang harus dilakukan. Masih ada yang seharusnya tidak disampaikan tetapi disampaikan,” kata Bupati.

Tak hanya itu, bupati 2 periode itu juga menyoal terkait dengan banyaknya rumor yang beredar di masyarakat. Yakni terkait dengan Pukesmas kekurangan Alat Pelindung Diri (APD). Dia menegaskan bahwa Pemkab Tuban sudah mencukupinya.

“Setelah saya telusuri yang menyampaikan hal tersebut bukan kepala pukesmas melainkan anggotanya (staf). Hal semacam ini merupakan perencaan yang kurang matang dari dinas terkait. Jangan sampai memberikan informasi yang justru membuat panik masyarakat,” tegasnya.

Dari status Darurat Covid-19 Kabupaten Tuban, Peka Tuban menganggarkan melalui Anggaran Belanja dan Pendapatan Daerah (APBD) dari Dana Tidak Terduga dan dana sosial perusahaan sebesar Rp. 60 miliar. Sebelumnya anggaran ini telah diputuskan sebesar Rp. 15 miliar sebelum status Tuban menjadi darurat atau zona merah. RHOFIK SUSYANTO

Terbaru