oleh

Bukti Kota Tua, Tuban Jadi Tujuan Tim Ekspedisi Maritim Nusantara

seputartuban.com, TUBAN – Pemerintah Kabupaten Tuban diwakili Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setda Tuban, Sunarto, menerima kunjungan TNI AL dalam rangka kegiatan syiar laut KRI Dewaruci dan Ekspedisi Maritim Nusantara. Di Ruang Dandang Wacana, Setda Tuban, Senin (8/3/2021).

Kunjungan tim TNI AL tersebut merupakan misi ekspedisi kampung bahari, setelah misi perdamaian pelayaran mengelilingi dunia 2017 lalu. Kawasan yang disinggahi kapal kebanggaan tersebut, seperti Jakarta, Cirebon, Semarang Jepara, Rembang dan Tuban.

Opsla, Letkol Laut (P) Yoni Nova Kusumawan, menjelaskan kedatangan tim KRI Dewaruci ke Kabupaten Tuban adalah membawa misi pengembangan kemaritiman di Indonesia. Tuban menjadi salah satu kota tujuan kunjungan.

“Tuban memiliki historis yang panjang dibidang kemaritiman, seperti salah satunya Pelabuhan Boom ini yang menjadi awal tersebarnya agama Islam di Tuban melalui pesisir,” tutur Yoni.

Diungkapkan, dalam program Kampung Bahari Nusantara ada 5 program yang dijalankan. Yakni, bidang pertahanan, edukasi pendidikan, pariwisata, kesehatan, perikanan dan atau pertanian.

“Untuk di Kabupaten Tuban, saat ini yang bisa diekspor adalah pariwisatanya. Pariwisata Tuban patut dipromosikan sebab memiliki kekuatan sejarah dan budaya. Ini bisa dilihat dari akulturasi budaya yang telah terjadi di sini. Seperti antara penduduk lokal dengan warga Tionghoa zaman dulu,” katanya.

Sementara itu, Sunarto mengungkapkan, Tuban sangat menyambut baik kedatangan tim dari Dewaruci. Meskipun Kapal Dewaruci berhalangan untuk bersandar di Pantai boom, akan tetapi kehadiran dari tim darat Dewaruci merupakan sebuah kehormatan. “Kami sangat menyambut baik kehadiran tim darat dari KRI Dewaruci. Semoga TNI khususnya TNI AL selalu jaya,” katanya.

Sunarto mengucapkan terima kasih kepada tim darat dari KRI Dewaruci yang telah menjadikan Tuban menjadi salah satu kota tujuan ekspedisi. “Tuban adalah salah satu kota tua yang memiliki sejarah tentang penyebaran agama Islam. Juga perdagangan dimasa lalu yang dimulai dari pesisir Pantai boom,” pungkasnya.

Diketahui, tim KRI Dewaruci nantinya akan mengekspor potensi yang bisa digali disetiap daerah yang disinggahi. Tampak hadir pada kegiatan tersebut, Kepala Dinas Pariwisata serta perwakilan dari Dinas Perikanan dan Kelautan serta Dinas Pertanian. RLS

Terbaru