oleh

BNNK Periksa Urine Sopir, Temukan Penumpang Bawa Arak

seputartuban.com, TUBAN – Badan Narkotika Nasional ( BNNK) Kabupaten Tuban, Bersama TNI, Polri serta Dinas Perhubungan, melakukan tes urine di Terminal Baru Tuban. Puluhan sopir angkutan umum yang melintas di jalur Pantura seluruhnya diperiksa. Untuk mengantisipasi penyalahgunaan Narkoba saat arus mudik.

Kepala Badan Narkotiika Nasional Kabupaten (BNNK) Kabupaten Tuban, I Made Arjana mengatakan, tes urine dilakukan terhadap seluruh sopir dan awak bus Antar Kota Dalam Provinsi (AKDP) serta Antar Kota Antar Provinsi (AKAP) di Terminal Kambang Putih Tuban.

“Tadi ada lebih dari 40 sopir yang kami periksa urinenya, begitu mereka datang ke terminal langsung kami arahkan untuk tes urine,” ungkapnya, Sabtu (28/04/2022).

Pria yang akrab disapa Made ini menjelaskan, pemeriksaan mendadak ini dilakukan untuk mengantisipasi adanya penyalahgunaan narkoba di kalangan awak angkutan umum. Terlebih saat ini memasuki momen mudik lebaran.

“Jangan sampai para pengemudi ini mengkonsumsi narkoba. Karena itu bisa membahayakan penumpang, dan operasi ini rutin kita laksanakan,” jelasnya.

Lebih lanjut, dari pemeriksaan yang dilakukan kepada puluhan awak angkutan umum tersebut, tidak ditemukan adanya indikasi penyalahgunaan. Karena seluruh sampel yang diambil negatif narkoba maupun zat berbahaya lainnya.

“Sekrining  tes urine hasilnya negatif, hanya saja petugas menemukan dua botol minuman  beralkohol jenis arak yang dibawa oleh penumpang,” pungkasnya. RHOFIK SUSYANTO