oleh

Berapa Anggaran Swab Tes Covid-19 Massal Tuban ?

seputartuban.com, TUBAN – Swab tes Covid-19 di Kabupaten Tuban dilakukan secara massal, mulai Senin (12/07/2021) di desa-desa. Bahkan hingga Rabu (14/07/2021) sejumlah desa masih melakukan vaksinasi massal ini.

Kabarnya kegiatan ini juga menggunakan dana desa untuk membiayai kegiatan tersebut. Belum ada pihak yang mempublikasikan secara resmi bagaimana jumlah dan skema pembiayaan sekaligus penggunaan anggarannya atas kegiatan ini. Serta hasil tes serta langkah strategis yang dilakukan pemerintah kabupaten.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat, Pemerintah Desa dan Keluarga Berencana (Dispemas KB) Tuban, Nurjanah saat ditanya terkait hal ini menegaskan bahwa penganggaran kegiatan vaksinasi massal ini dengan mengguna dana desa (DD).

Dia tidak secara tegas menyebutkan jumlahnya. Namun menyampaikan pendanaan diambilkan dari penggaran PPKM diambil 8% dari DD. “Penganggarannya dari dana PPKM, 8% dari DD,” katanya.

Sedangkan pengadaan alat swab tes dikoordinasikan oleh Dinas Kesehatan Kabupaten Tuban. “Untuk pengadaan alatnya, koordinasi Dinkes juga tentang pelaksanaan Swab massal, Dinkes  leadingnya,” tegasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Tuban, Bambang Priyo Utomo saat ditanya melalui aplikasi perpesanan terkait mekanisme penganggaran dan penggunaan anggaran dia menjelaskan secara singkat. Termasuk tindaklanjut setelah tes massal ini. “Anggaran sesuai SOP tanya di BPPKAD,” tulisnya singkat.

Sementara Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Tuban, Arif Handoyo saat ditanya hal serupa, Selasa (13/07/2021) juga tidak memberikan jawab. Sementara Ketua DPRD Tuban, M. Miyadi menjelaskan akan menggelar rapat dengan pihak eksekutif untuk evaluasi kegiatan ini sekaligus meminta data kegiatan dengan jelas.

Sebelumnya salah satu media online juga telah memberitakan terkait hal ini. Yakni setelah keluarnya Surat Edaran (SE) Bupati Tuban nomor : 140/3921/414.106/2021 yang salah satu isinya agar dilakukan penyesuaian penggunaan anggaran DD Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APBDesa) tahun 2021. Diungkapkan bahwa tiap desa menganggarkan pengadaan alat rapid tes/Swab 100 pcs. Salah satu desa mengungkapkan menganggarkan Rp. 8.150.000. Sedangkan di Kabupaten Tuban sebanyak 311 desa. Ini dana yang bersumber dari DD yang beredar di media online tersebut. NAL

Terbaru