oleh

Bentuk Kesiapsiagaan Bencana, Kodim Gelar Gladi Lapangan

RENGEL

seputartuban.com – Sebagai bentuk kesiapsiagaan bencana Banjir yang hampir menjadi langganan melanda Kabupaten Tuban, Kodim 0811 Tuban menggelar gladi lapangan latihan penanggulangan bencana citra yudha bendung-XIII.

Latihan terpadu dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah dan Dinas Sosial dan Tenaga Kerja Pemkab Tuban ini digelar dikawasan Kecamatan Rengel. Dengan melakukan beragam simulasi dan latihan tanggap bencana.

Diantaranya evakuasi korban tenggelam dan hanyut dilaksanakan dikawasan Desa Ngadirejo. Hingga penyiapan dukungan logistik bantuan bagi para pengungsi. Sebanyak 150 masyarakat dilibatkan dalam latihan ini sebagai pengungsi di Stadion Rengel. Serta aktivitas dapur umum di Lapangan Rengel.

Latihan yang digelar dengan melibatkan ratusan personil dan dilakukan selama sepekan ini juga menggelar pengobatan massal sebagai bentuk penanganan pasca banjir. Serta kegiatan karya bhakti perbaikan tanggul bengawan solo sepanjang 200 meter di Desa Kanorejo yang beberapa waktu lalu jebol. Kegiatan ini juga melibatkan Dinas Pekerjaan Umum.

Dandim 0811 Tuban, Letkol Kav. Rahyanto Edy saat dikonfirmasi, Kamis (26/09/2013) mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan tindak lanjut dari Gladi Posko yang sudah dilakukan sebelumnya. “ini merupakan program dari Korem. Diwilayah Tuban banjir langganan, Diperlukan penerpaan manajemen bencana yang benar anatara TNI dengan Pemda. Ini bentuk kesiapan kita apabila ada bencana kita sudah siap,” jelasnya. (min)

Terbaru