oleh

Wujud Masyarakat Mandiri, BKM Latsari Sejahtera Salurkan Bantuan

seputartuban.com, TUBAN – Wujud Singkronisasi antara program Kota Tanpa Kumuh (KOTAKU) bersama dengan Badan Keswadayaan Masyarakat (BKM) Latsari  Sejahtera, menyalurkan batuan paket sembako kepada 60 orang penerima manfaat. Dilaksanakan di Kelurahan Latsari, Kecamatan Tuban, Kabupaten Tuban, Selasa (31/05/2022).

Penyaluran bantuan tersebut merupakan agenda Kerja BKM Latsari Sejahtera yang sudah terbentuk sejak 2003 hingga sekarang.

Koordinator BKM Latsari Sejahtera, Muhammad Ambari mengatakan, dalam pengelolaan program BKM ini dilakukan secara mandiri. Dengan prinsip dari masyarakat untuk masyarakat. Dengan program kerja antara lain memberikan pinjaman modal usaha, infrastruktur dan sosial.

“Tiga program kerja ini yang kita tekankan untuk membangun lingkungan dengan baik, dan ketika nanti ada surplus dari pinjaman modal usaha, maka dimanfaatkan untuk pembangunan infrastruktur lingkungan. Dan urusan sosial, dalam bentuk sembako disalurkan kepada penerima manfaat,” katanya.

Sementara itu, Askot Mandiri KOTAKU Kabupaten Tuban, Muhtar Hadi Saputra menjelaskan, program BKM ini merupakan turunan dari Program Penanggulangan Kemiskinan di Perkotaan (P2KP). Bantuan yang sudah diterima dari pemerintah dan kemudian dikelola secara mandiri dan berkembang hingga sekarang. “Tentunya program ini sangat singkron sekali dengan program KOTAKU, dan kami akan selalu kawal program tersebut,” tegasnya.

Lurah Latsari, Achmad Nur Sulton mengungkapkan, pihaknya sangat mendukung kegiatan para relawan ini, Karena sudah bersedia meluangkan waktunya, tenaga dan fikirannya untuk peduli kepada sesama. “Kami dari pemerintahan sangat berterimakasih. Karena program BKM ini sangat membantu pemerintah dalam program pengentasan kemiskinan,” ungkapnya. RHOFIK SUSYANTO