oleh

Mahasiswa USB Raih Juara Satu LKTI Nasional 2022

seputartuban.com, TUBAN – Mahasiswa Fakultas Pertanian Universitas Sunan Bonang (USB) Kabupaten Tuban, berhasil menorehkan prestasi membanggakan. Karena mampu menjadi juara dalam Lomba Karya Tulis Ilmiah (LKTI) Nasional Tahun 2022.  Yakni juara 1 dan kategori juara best aplication idea. Dilakukan secara daring, mahasiswa USB mampu menunjukkan kualitasnya.

Para pemenang ditetapkan melalui surat keputusan pemenang LKTI Nasional 2022. Nomor 01.005/panitiaLKTI/V/2022. Karya LKTI mahasiswa USB berjudul “Pengaruh Berbagai Dosis Pupuk Kotoran Kambing dan KCL Pada Pertumbuhan Tanaman Kacang Tanah (Arachis Hypogaea L)” mampu meraih juara 1. Sedangkan LKTI berjudul “Pemanfaatan Keong Mas (pomacea canaliculata L) Menjadi Mikro Organisme Lokal (MOL) dan Bio-Chalpos Untuk Pertanian Ramah Lingkungan” mampu meraih prestasi kategori Best Aplication Idea.

Kelompok mahasiswa yang menjadi juara 1 terdiri dari semester 4,6 dan 8. Dengan personil Muhammad Nur Rifai, Hananta Dara Kumala, Kelvin Andre Dwi Saputra, Arwanti Wahyu Kartika dan Martina Enis Kurniawati. Dibimbing langsung  oleh Dosen pembimbing  Anisa Rosida, dan  Dhina Mustikaningrum. Dengan memastikan kebenaran dan ketepatan cara penulisan, metode-metode ilmiah secara sistematis dan runtut dan pengolahan data yang digunakan.

Dekan Fakultas Pertanian USB, Maimunah, S.P., M.Agr. mengatakan, tujuan mengikuti lomba tersebut untuk melatih mahasiswa dalam menuangkan ide kreatifnya dalam bentuk karya tulis ilmiah. Serta untuk menunjukkan eksistensinya khususnya dalam memberikan solusi, bagi permasalahan yang ada di masyarakat. Serta bagian dari upayaa pengembangan kreatifitas Mahasiswa dalam Program Merdeka Belajar – Kampus Merdeka (MBKM).

“Selain pembekalan metode penulisan yang baik,dosen pembimbing juga dilatih bagaimana menyampaikan ide -ide tersebut dalam presentasi yang menarik,” katanya, Senin (30/5/2022)

Selain itu, diharapkan kedepan makin banyak mahasiswa yang tertarik untuk mengikuti kegiatan semacam ini. Untuk berkompetisi dengan perguruan tinggi lain. Serta untuk  mengasah kemampuannya sendiri. “Kami akan selalu dukung anak didik kami dalam menyalurkan kreatifitasnya. Dan Yakinlah bahwa tidak ada yang tidak bisa kita lakukan selama kita mau berusaha,” harapnya.

Di ketahui, Tim penilai dari praktisi peneliti dan perwakilan 3 kampus. Keunggulan LKTI USB menjadi pemenang karena konten, penulisannya sesuai dengan tema dan memiliki kebaharuan serta aplikatif. Selain itu, kemampuan presentasi juga menjadi penilaian. Peserta LKTI Nasional ini berasal dari 3 propinsi yaitu, Jatim, DIY dan Jateng. RHOFIK SUSYANTO

Print Friendly, PDF & Email