oleh

Wabup Tuban, Berhaji Tetap Melayani Masyarakatnya

seputartuban.com, TUBAN – Wakil Bupati Tuban H.Riyadi, berangkat menjadi tamu Allah SWT di tanah suci. Namun kali ini dia tidak menjadi jamaah VIP karena status pejabatnya. Atau memilih berangkat melalui jalur haji plus. Namun dia lebih memilih menjadi petugas dan pembimbing haji, agar tetap melayani masyarakat Tuban yang melaksanakan haji. Serta lebih tahu kondisi jamaah secara langsung selama berhaji. Kondisi ini dapat dibilang jarang, karena unsur pimpinan daerah mau menjadi pelayanan tamu Allah SWT di tanah suci.

Sebelumnya Wakil Bupati Tuban sempat tertunda keberangkatannya. Karena soal perizinan sebagai pejabat belum turun dari pemerintah pusat. Bersama dengan sejumlah Aparatur Sipil Negara (ASN) lainnya yang juga mengalami hal yang sama.

Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Tuban, Ahmad Munir menjelaskan setelah urusan administrasi sudah selesai, maka Wabup Tuban dipastikan sudah berangkat. “Alhamdulilah, Pak Wabub (Tuban) sudah bisa ikut berangkat haji. Setelah soal administrasinya terselesaikan semua,” katanya.

Munir menjelaskan, mekanisme pemberangkatan Wabub. Dari asrama haji Surabaya berangkat bersama kelompok terbang (Kloter)  6 dari kabupaten Kediri. Tidak hanya Wabub yang tertunda keberangkatannya, namun ada jemaah haji yang berangkat bersama Wabub. “Tak hanya Wabub saja Yang sempat tertunda. Tapi ada jemaah yang tertunda dan sekarang berangkat bersama beliaunya,” jelasnya.

Wabup Tuban berangkat haji memilih menjadi petugas dan pembimbing haji. Karena dia sebagai pengurus dan pembimbing Kelompok Bimbingan Haji dan Umrah (KBIHU) Jamiatul Hujaj. Serta telah lulus dari serangkaian tes yang dilakukan pihak terkait. Sehingga dia dapat menjadi petugas dan pembimbing haji. “Melayani dan membimbing jamaah adalah ibadah, serta agar tahu kondisi masyarakat Tuban yang sedang berhaji,” ungkap Wabup Tuban.

Diketahui, jumlah total CJH asal Kabupaten Tuban yang berangkat pada musim haji tahun 2022 ini berjumlah sebanyak 593 orang. Pada kloter pertama CJH yang diberangkatkan kemarin berjumlah 446 orang. Dan  pemberangkatan kloter kedua sebanyak 146 orang. Wabub bertolak ke madinah pada, Selasa (07/06/2022) sore. RHOFIK SUSYANTO

Print Friendly, PDF & Email