oleh

Wabup Tuban Berangkatkan Bantuan Semeru Hasil Ngamen

seputartuban.com, MERAKURAK – Wakil Bupati Tuban, H. Riyadi, memberangkatkan bantuan yang dikumpulkan para scooterist Tuban dari hasil ngamen. Pemberangkatan secara simbolis di basecamp Scooterist Ronggolawe Bersatu (Scrob) di wilayah Kecamatan Merakurak, Kabupaten Tuban.

Scrob adalah induk organisasi para club vespa di Kabupaten Tuban yang sudah berbadan hukum. Memiliki club vespa di semua kecamatan di Kabupaten Tuban. Melalui gerakan ngamen dan iuran anggota, selalu melakukan kegiatan sosial. Diantaranya kali ini adalah membangun Hunian Sementara (Huntara) bagi korban erupsi gunung semeru di Kabupaten Lumajang.

Tiap unit Huntara diperkirakan membutuhkan biaya bahan bangunan sekitar Rp. 10 juta. “Rencana kita bangun 2 Huntara hasil ngamen dan iuran anggota serta bantuan Kang Riyadi. Uangnya pakai beli bahan bangunan dan tenaganya kita sendiri datang kesana. Masih kita pastikan bekal dan relawannya yang akan berangkat,” ungkap pengawas SCROB, Samsuri, Senin (10/1/2022).

Scrob sudah koordinasi dengan relawan di Lumajang dan pemerintah desa setempat untuk penentuan lokasi. “Ini sudah koordinasi dan kita matangkan. Kita juga kolaborasi dengan relawan lainnya dari SKIN dan pecinta alam,” imbuhnya.

Sementara itu Wakil Bupati Tuban yang akrab disapa Kang Riyadi mengungkapkan apresiasinya kepada SCROB. Pola hidup sederhana yang mudah bagahia dan peduli sesama dengan situasi kesederhanaan adalah pelajaran berharga. “Kesederhanaan dan kepedulian itu tidak semua orang mampu memiliki dan menjalani. Saya bangga bisa diterima jadi bagian dari Scrob,” ungkapnya.

Kepedulian yang sudah dilakukan oleh SCROB diharapkan terus dikembangkan. Dengan modal satu rasa dan tanpa membedakan status sosial dalam berkomunitas. “Dengan kesederhanaan kita mudah bagahia. Kepedulian dan membantu tidak harus menunggu orang susah terlebih dahulu,” harapnya.

SCROB memiliki sejumlah kegiatan sosial, mulai santunan anak yatim, berburu mushola, bersih lingkungan. Bahkan saat sunami Lombok, organisasi ini mengirimkan bantuan ke lokasi langsung senilai Rp. 27 juta hasil dari ngamen. Serta bantuan diberangkatkan Bupati Tuban di Pendopo Kridho Manunggal. NAL

Print Friendly, PDF & Email