oleh

Tingkatkan Kinerja dan Sinergitas, Perhutani KPH Kebonharjo Diskusi Bareng Media, Kejari dan Reskrim Polres

seputartuban.com, JATIROGO – Untuk meningkatkan kapasitas jajarannya, dan meningkatkan sinergitas lintas sektor, Perhutani Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH) Kebonharjo, Selasa (11/01/2022) sore menggelar Forum Group Discussion (FGD). Dengan menghadirkan Kepala Seksi Pidana Umum (Kasi Pidum) Kejaksaan Negeri (Kejari) Tuban dan Kaur Bin Ops (KBO) Sat Reskrim Polres Tuban.

Hadir dalam kegiatan ini, Waka Administratur (Waka Adm) Perhutani KPH Kebonharjo beserta asper dan kepala Resort Pemangkuan Hutan (RPH), Polhut. Serta Adm Perhutani KPH Jatirogo beserta Waka Adm dan sejumlah jajarannya.

Adm Perhutani KPH Kebonharjo,  Joko Santoso dalam sambutan pembukaannya mengatakan kegiatan ini untuk memberikan pengetahuan teknis kepada para jajarannya. Agar kapasitas diri meningkat dalam penanganan pidana kejatanan kehutanan. Serta meningkatkan sinergitas dengan media, Polres Tuban dan Kejaksaan Negeri Tuban.

“Harapanya melalui grup diskusi ini dapat memberikan bekal pengetahuan, keterampilan, dan wawasan dalam pelaksanaan tugas. Khususnya, menumbuhkan semangat serta memotivasi dalam usaha-usaha perlindungan hutan. Membangun sinergitas dan kebersamaan dengan instansi terkait, serta upaya penyelesaian penanganan perkara,” terangnya.

Ia menyebutkan, Bahwa terlaksananya pertemuan Forum Group Discussion (FGD), yang melibatkan pihak Perhutani dengan pihak Kepolisian Polres Tuban, serta Kejaksaan Negeri (Kejari) Kabupaten Tuban tersebut berawal dari diskusi melibatkan jajaranya. Tentang masih perlunya penambahan pemahaman terkait tugas dibidang penanganan hukum.

Lanjut Joko, pihaknya berharap melalui terselenggaranya kegiatan ini dapat memberikan dampak positif terhadap peningkatan kualitas kerja jajarannya. Mengingat banyaknya anggota yang masih perlu memahami materi secara tugas pokok serta fungsi dalam penanganan hukum. Khususnya dibidang pengamanan hutan.

PESERTA FGD
DENGAN SEKSAMA : Para jajaran perhutani saat mengikuti FGD sampai tuntas./ RHOFIK SUSYANTO

“Ini yang melatar belakangi kami meminta pendidikan kusus kepada pihak kepolisian Polres Tuban serta Kejaksaan Negeri Kabupaten Tuban. Saya pikir kegiatan seperti ini satu hal yang langka dan jarang didapatkan,” imbuhnya.

Pimpinan caraka seputar media group,  Cipnal Muchlip M menambahkan bahwa pembinaan kapasitas perlu dilakukan secara berkelanjutan dan berkala. Sehingga dapat memahami dasar pelaksanaan tugas, penguatan kapasitas, serta peningkatan keterampilan dapat ditanamkan sejak awal untuk menjadi bekal dalam pelaksanaan dilapangan.

“Harapan kami dengan adanya inovasi inovasi demikian, melalui kegiatan yang bersifat parthnersip ini dapat saling memberikan manfaat. Serta mampu meningkatkan kualitas diri, institusi dan personal. Sehingga secara institusi dan personal terbangun kedekatan yang sangat baik,” ungkapnya.

Diketahui, kegiatan forum diskusi tersebut diikuti oleh 70 peserta, dilaksanakan sejak pukul 15.00 WIB hingga pukul 17.00 WIB, di Aula Gedung Kesambi, KPH Kebonharjo. Wilayah Kecamatan Jatirogo, Kabupaten Tuban. Dengan pemateri hukum oleh  Kaur Bin Ops (KBO) Satuan Reserse Kriminal (Satreskrim) Polres Tuban, Iptu Sugiyanto. Serta Kasi Pidana Umum (Pidum) Kejaksaan Negeri Kabupaten Tuban, Didik Yuhda Aribusono. ARIF AHMAD AKBAR

Print Friendly, PDF & Email