Published On: Rab, Jan 16th, 2013

Wabup Resmi Tutup Eks Lokalisasi Gandul

Share This
Tags

Penulis : Muhaimin

SEMANDING

seputartuban.com – Sebagai Bumi Wali, Pemerintah Kabupaten Tuban mulai melakukan sejumlah langkah strategis. Diantaranya penutupan Eks Lokalisasi Gandul, Dusun Wonorejo, Desa Gesing, Kecamatan Semanding, Kabupaten Tuban, Selasa (15/1/2013).

Penutupan yang dipimpin langsung oleh Wakil Bupati Tuban, Noor Nahar Hussein ini memulangkan 129 WTS yang telah lama beroperasi mencari nafkah ditempat ini. Terdiri dari 23 WTS asal Kabupaten Tuban, yakni dari Kecamatan Semanding, Kecamatan Parengan, Kecamatan Jatirogo, Kecamatan Merakurak.

Selain itu juga dari Kecamatan Kerek, Kecamatan Montong, Kecamatan Bangilan dan Kecamatan Tambakboyo. Sedangkan WTS dari luar Kabupaten Tuban total sebanyak 35 orang. Diantaranya dari Kabupaten Blora, Lamongan, Jepara, Jakarta Timur, hingga Halmahera.

Penutupan kawasan WTS ini dilakukan Pemkab Tuban, berdasarkan surat Gubernur Jatim tertanggal 20 Oktober 2011 No.460/15612/031/211 perihal penanganan lokalisasi WTS di Jawa Timur. Dan surat Gubernur Jawa Timur tanggal 10 Januari 2013 No. 005/485/031/2013 perihal persiapan pemulangan Eks WTS.

Para WTS, masing-masing diberikan dana bantuan modal usaha Rp. 3 juta dan sebuah rukuh atau Mukena. Atau total dana dari Pemerintah  Propinsi Jawa Timur yang dikeluarkan untuk bantuan kepada WTS ini sebesar Rp. 387.000.000. Usai menerima bantuan, para WTS ini kemudian dipulangkan kerumah masing-masing didampingi petugas dari Dinas terkait dan Tenaga Kesejahteraan Tingkat Kecamatan (TKSK).

Wakil Bupati Tuban, Noor Nahar Hussein dalam sambutanya mengatakan bahwa pihaknya sudah menganalisa dengan matang dengan tindakan penutupan Eks lokalisasi ini. Sehingga diharapkan para WTS dapat alih profesi agar memiliki kehidupan yang lebih baik.

“Tidak serta merta kita tutup, sejak 6 bulan yang lalu bersama pak Bupati sudah kita datangi kesini. Dan beberapa bulan lalu sudah kita data terlebih dahulu. Saya berharap mbak-mbak ini bisa melanjutkan hidup yang lebih baik. Mumpung masih muda, profesi semacam ini sangat merusak. Jangan sampai habis disini pindah ditempat lain lagi,” tegas Wabup.

Dalam kegiatan ini dihadiri Kapolres Tuban, Dandim 0811 Tuban. Utusan Kejari serta DPRD Tuban, dan pejabat Dinas dari Pemerintah Propinsi Jatim. Serta dijaga ketat 150 personil gabungan dari Polres Tuban, Kodim 0811 Tuban, Sat Pol PP Pemkab Tuban dan Polisi Militer.

Foto : Data WTS Gandul yang dipulangkan dan Wabup Tuban, Kapolres Tuban, Dandim 0811 Tuban, utusan Kejari Tuban serta anggota Komisi C DPRD Tuban saat dilokasi penutupan Eks Lokalisasi Gandul

Facebook Comments

Print Friendly, PDF & Email

About the Author

Videos