oleh

Tukin Tiga Bulan Belum Cair, Ini Sebabnya

seputartuban.com, TUBAN – Tunjangan Kinerja (Tukin) Apararur Sipil Negara (ASN) lingkungan Pemkab Tuban selama 3 bulan terakhir belum diterima. Hal ini disebabkan karena insentif tenaga kesehatan (Nakes) belum dicairkan sesuai ketentuan.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Tuban, Arif Handoyo menjelaskan tertundanya Tukin ini disebabkan belum dicairkannya insentif dari Nakes Dinas Kesehatan (Dinkes) dan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD).

“Karena memang sesuai ketentuan dari Kemendagri untuk semester 2 tahun 2021, TPP atau Tukin dapat dicairkan setelah insentif tenaga kesehatan dicairkan minimal 50 % sampai bulan juni. Sekarang ternyata ditambah lagi sampai bulan agustus. Kalau sampai bulan Agustus belum mencapai 50 %. Sekarang masih diupayakan RSUD dan Dinkes segera mencairkan,” ungkapnya.

Ditanya kendala yang menyebabkan belum dicairkannya Tukin, Arif Handoyo menegaskan tidak ada. Namun proses tahapan yang harus dilalui. “Bukan kendala, memang harus berproses. Yang belum cair tukin bulan agustus september. Kalau besaran kami pasnya tidak tau persis,” imbuhnya.

Disoal besaran Tuku yang diterima para ASN, tidak diungkapkan. Karena dia tidak memiliki data rinciannya. Termasuk saat ditanya besarang Tukin hingga Rp. 8 juta untuk pimpinan dinas, juga tidak dijawab. “Maaf data itu ada di BPPKAD. Tukin tidak bisa utk pedoman besarannya berapa. Karena besaran tukin juga dipengaruhi oleh absensi, kinerja, penyerapan anggaran dan lain-lain. Tergantung Ini besarannya,” pungkasnya. NAL

Terbaru