oleh

Tuban Segera Terima Vaksin Covid -19 Sinovac

seputartuban.com, TUBAN – Vaksin Covid -19 Sinovac akan segera diterima Kabupaten  Tuban. Vaksin tersebut sebelumnya telah diterima Pemerintah Provinsi Jatim, dari pemerintah pusat pada Senin (4/1/2021). Sebanyak 77.760 vaksin atau senilai Rp 16,429,288,320. Kemudian vaksin tersebut akan dibagi ke seluruh kabupaten/kota se Jatim, termasuk Kabupaten Tuban dalam waktu dekat.

Juru Bicara Satuan Tugas Percepatan Penanganan Covid-19, Endah Nurul Qomariyati, Selasa (5/1/2021) mengungkatkan diperkiran dalam waktu dekat vaksin tersebut akan diterima. “Vaksin Covid-19 itu diperkirakan akan sampai di Tuban dalam waktu dua hari lagi. Sebab, saat ini vaksin tersebut sudah berada di Provinsi Jatim dan tinggal didistribusikan,” katanya.

Endah menjelaskan, pengiriman Vaksin  dari kementrian dikawal  ketat dari pihak kepolisian. Hal itu akan dilakukan secara berantai. Mulai dari Mabes Polri, Polda hingga Polres.

“Kami sudah melakukan kordinasi dengan pihak polres Tuban terkait dengan pengamanan pendistribusian vaksin. Pihak kepolisian juga sudah melakukan pengecekan tempat penyimpanan vaksin tersebut diinstalasi farmasi Dinkes,” jelasnya.

Endah yang juga sebagai Sekretaris Dinas Kesehatan itu juga mengungkapkan, teknis dalam pemberian Vaksin Covid -19 akan dilakukan dengan tiga tahap. Pertama diberikan kepada tenaga kesehatan, petugas publik baru kemudian masyarakat.

“Kita lakukan pemberian vaksin  secara bertahap. Karena produksinya terbatas dan penyimpanannya kalau langsung semua juga tidak muat dan tenaganya juga terbatas,” ungkapnya.

Lebih lanjut, pihaknya menambahkan untuk  untuk mekanisme  pendaftaran dari masyarakat akan dilakukan berbasis  Nomor Induk Kependudukan (NIK). Kemudian pelaksanaannya dilakukan dari perkantoran sampai tingkat desa.

“Dari Yang bekerja di fasilitas kesehatan se-kabupaten Tuban. Data yang sudah masuk sebanyak 3 juta 636 orang, dan data ini terus bertambah,” imbuhnya.

Diketahui,  pemberian Vaksin Covid -19 Sinovac diperkirakan mulai 14 januari  dan direncanakan 1,5 tahun selesai. Serta semua biaya pemberian Vaksin  sudah didanai dari pemerintah. RHOFIK SUSYANTO

Terbaru