oleh

Truk Muat Sekam Ganggu Pengguna Jalan

seputartuban.com, TUBAN – Keberadaan truk pengangkut sekam padi yang bermuatan tidak wajar kembali marak di Kabupaten Tuban. Khususnya dari wilayah Tuban barat dan tuban selatan melintas di jalur antar kecamatan. Truk-truk tersebut selain membahayakan pengemudinya sendiri juga pengguna jalan lain.

Pasalnya kondisi muatan yang tidak wajar rawan membuat truk roboh. Selain itu, karena muatan yang melebihi batas membuat laju truk sangat pelan. Serta kecendurungan sopir mengendarai truknya lebih ke tengah jalan. Karena jika terlalu disisi pinggir jalan, dikhawatirkan roboh karena kondisi jalan bergelombang.

Alhasil, membuat kondisi lalu lintas terganggu. Karena kendaraan yang melaju di belakang truk tersebut harus menunggu kondisi jalan benar-benar lengang agar dapat mendahuluinya. Selian itu bagi pemotor, sekam yang beterbatangan terbawa hembusan angina cukup mengganggu.

Hasil pantauan seputartuban.com, truk ini banyak melintas kawasan jalan lintas provinsi Jatirogo-Bojongeoro. Serta kawasan jalan poros kecamatan Singgahan-Montong-Merakurak. Bahkan sempat beberapa kejadian truk terguling di kawasan Kecamatan Montong maupun Kecamatan Kerek.

Kondisi ini sudah berlangsung lama. Biasanya jika truk tersebut melintas pada malam hari. Namun beberapa bulan terakhir, truk-truk tersebut melintas pada siang hari dan kondisi lalu lintas sedang padat.

Kasat Lantas Polres Tuban, AKP Argo Budi Sarwono saat ditanya terkait hal ini menegaskan pihaknya akan menindak tegas. Karena sangat membahayakan pengguna jalan. “Akan dilakukan penindakan, karena itu sangat berbahaya bagi pengguna jalan yang lain serta rawan laka (kecelakaan),” tegasnya. NAL/FIQ

Terbaru