oleh

TNI Kolaborasi bersama Perhutani Tanam Tiga Ribu Pohon Produktif

seputartuban.com, MONTONG – Kodim 0811/Tuban berkolaborasi melakukan gerakan penanaman 3.000 pohon produktif. Bersama pimpinan daerah, pimpinan kecamatan dan Perhutani KPH parengan, di Sumur Wali, Desa Montongsekar, Kecamatan Montong, Kabupaten Tuban, Kamis (7/1/2022).

Turut hadir dalam kegiatan ini Dandim 0811 Tuban, Kapolres Tuban Bupati Tuban, Sekretaris Daerah Kab. Tuban, Forkopimka Kecamatan Montong. Hari pula Adm KPH Tuban, Adm KPH Parengan dan Adm KPH Jatirogo serta Adm KPH Kebonharjo serta dari jajaran perhutani.

Administratur KPH Parengan, Slamet Juwanto mengatakan, gerakan penghijauan tanaman buah-buahan ini dilakukan di area petak 23D dengan luas 1,3 hektare. Resort pemangkuan hutan (RPH) Singgahan, Bagian kesatuan pemangkuan hutan (BKPH) Montong. Bertujuan menjaga sumber mata air,  depannya tegakan pohon yang berbuah juga dapat dimanfaatkan oleh masyarakat sekitar hutan. “Berbagai jenis tanaman produktif yang ditanam yakni tanaman sukun, nangka, jambu air, sirsak, srikaya, dan manga,” katanya.

Slamet Juwanto menambahkan, melihat kondisi alam saat ini yang terjadi bencana alam. Maka dari itu perlu adanya kepedulian bersama baik itu dari pemerintah maupun masyarakat. “Perlu kita bangun bersama tentang kepedulian terhadap lingkungan, salah satunya bentuk  kepedulian dalam melakukan penanaman pohon,” imbuhnya.

Sementara itu, Dandim 0811/Tuban, Letkol Inf. Suhadak Erwin menjelaskan aksi menanam pohon bersama ini dimaksudkan dapat menanamkan kecintaan sekaligus menggugah hati nurani penerus bangsa. Untuk lebih peduli dengan lingkungan. ’’Gerakan menanam pohon ini bertujuan demi masa depan anak cucu kita kelak,” jelasnya.

Selain itu, menanam pohon juga dapat mengurangi lahan kritis, mengantisipasi terjadinya bencana dan menghijaukan bumi. Hutan juga bermanfaat sebagai sumber oksigen, reserve air dan sebagai sumber daya alam hayati. Yang multi manfaat harus dijaga agar tetap lestari. ’’Kalau kita menjaga hutan dari kerusakan, tentunya hutan akan menjaga kita dari bencana,’’ pungkasnya. RHOFIK SUSYANTO

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Terbaru