oleh

Tingkatkan Kualitas Pilkada, Bawaslu Tuban Blusukan Gelar Forum Warga

seputartuban.com, MONTONG – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Tuban terus berupaya melakukan pendidikan kepada masyarakat. Salah satunya melalui forum warga yang dilaksanakan disejumlah lokasi di Kabupaten Tuban. Seperti halnya dilakukan di Desa Guwoterus, Kecamatan Montong, Kabupaten Tuban, Rabu (4/11/2020).

Dalam forum ini menghadirkan masyarakat bersama Polsek Montong dan narasumber lainnya untuk memberikan pendidikan kepemiluan. Mulai tentang dasar penggunaan hak memilih, money politik, pelanggaran pemilu hingga hal-hal yang dapat merusak kualitas pemilu.

Salah satu warga yang hadir, Sunari, mengatakan forum warga ini sangat bermanfaat baginya. Karena dengan pertemuan ini, dia memiliki pengetahuan baru tentang Pilkada 9 Desember 2020. “Ya apa yang saya dapatkan akan saya tularkan kepada yang lainnya,” katanya.

Anggota Bawaslu Kabupaten Tuban, Sunarso yang hadir langsung dalam pertemuan ini menjelaskan sejumlah hal terkait tugas lembaganya. Serta memberikan sejumlah himbauan kepada hadirin. Diantaranya warga agar tidak mudah terhasut dan menyebarkan hoax. Serta fungsi Bawaslu yang saat ini sedang dijalankan.

“Setiap ada unsur kampanye, Bawaslu akan hadir. Termasuk saat pengajian jika ada pasangan calon yang dihadirkan. Kita hadir bukan mengawasi pengajian. Tetapi mengawasi aktifitas kampanye. Karena ada unsur mengajak dan pemaparan visi dan misi. Jadi jangan diartikan yang lain,” jelasnya.

Hal-hal yang dilarang adalah melibatkan anak dalam kampanye. Selain itu juga Paslon harus tetap mematuhi protokol kesehatan (Prokes) Covid-19. “Kita juga mengawasi akun media sosial yang didaftarkan di Bawaslu oleh Paslon. Serta sejumlah akun yang diduga dibuat oleh tim paslon. Juga akun-akun anonym yang biasanya membuat keruh pengguna medsos,” imbuhnya.

Tidak seluruhnya persoalan hukum bersamaan dengan Pilkada ini ditangani oleh Bawaslu. Yang bersifat pidana umum dapat ditangani langsung aparat kepolisian. “Seperti pelanggaran ITE dapat ditangani Polisi langsung tanpa perlu melalui Bawaslu. Masyarakat harus hati-hati dan bijak dalam menggunakan Medsos,” tegasnya.

Hadir dalam pertemuan ini, selain Bawaslu Kab. Tuban, Bawaslu Kec. Montong, juga Polsek Montong. Serta Kepala Desa Guwoterus dan narasumber lainnya. Kegiatan Forum Warga ini dilaksanakan oleh Bawaslu di semua kecamatan di Kabupaten Tuban. Dengan waktu pelaksanaan dan lokasi yang berbeda. Diharapkan melalui kegiatan ini dapat memberikan pendidikan kepada masyarakat dan meningkatkan kualitas Pilkada 2020. RHOFIK SUSYANTO

Terbaru