Published On: Sel, Mar 31st, 2020

Terdampak Covid -19, Pilkada 2020 Ditunda Hingga Tunggu Instruksi Pusat

seputartuban.com, TUBAN – Pemilihan Umum Kepala Daerah (Pemilukada) 2020 Kabupaten Tuban sangat berpotensi ditunda dari jadwal yang sudah ditetapkan. Karena negara masih dilanda pandemi Covid-19. Penundaan pelaksanaan tahap yang belum melaksanakan hingga pemungutan suara.

Kantor KPU Kab. Tuban

Ketua KPU Kabupaten Tuban, Fathul Ihsan menegaskan pihaknya masih menunggu instruksi KPU pusat. Terkait dengan penundaan pelaksanaan tahapan Pemilukada. Dengan melalui peraturan pemerintah pengganti undang-undang (PERPPU). Untuk menggantikan UU Pemilukada.”Kita masih menunggu Instruksi secara resmi dari KPU RI,” katanya, Selasa (31/3/2020).

Fathul Ihsan menegaskan segala kemungkinan pihaknya siap menjalankan. Pihaknya selalu siap menjalankan tahapan Pemilukada seperti jadwal sebelumnya atau jika dilakukan penundaan. Sejauh ini, untuk tahapan Pilkada yang tertunda dari KPU Kabupaten Tuban adalah pembentukan PPDP dan pemutakhiran data pemilih.

“Kalau ditunda kita sebagai pelaksana apapun petunjuknya tetap siap dan tidak ada kendala. Kalaupun dilaksanakan juga tetap siap. Karena semua perangkat Pilkada sudah kita siapkan,” tegasnya.

Terkait pelaksanaan pilkada ada tiga pilihan yang diusulkan KPU . Yaitu ditunda 3 bulan (pemungutan suara 9 Desember). Ditunda 6 bulan (pemungutan suara 12 Maret 2021), atau ditunda 12 bulan (pemungutan suara 29 September 2021).

“Namun dari usulan itu belum dapat diputuskan. Karena mengingat kondisi saat ini belum bisa dipastikan kapan penyebaran Covid-19 akan berakhir,” imbuhnya.

Disinggung mengenai anggaran Pilkada 2020 yang belum digunakan, diwacanakan akan digunakan untuk penanganan Covid-19. Namun penggunaannya masih menunggu petunjuk teknis dari pemerintah pusat.

“Kalau informasi mengenai anggaran Pilkada yang masih tersisa, akan dialihkan untuk penanganan Covid -19. Akan tetapi kita belum tau pasti juknisnya bagaimana,” pungkasnya. RHOFIK SUSYANTO

Facebook Comments

Print Friendly, PDF & Email

About the Author

Videos