oleh

Ditengah Pandemi Covid -19, Kemenag Layani Pendaftaran Nikah Online

seputartuban.com, TUBAN – Pandemi virus Covid-19 mengakibatkan berbagai aktivitas masyarakat terganggu. Salah satunya adalah pernikahan yang sudah jauh-jauh hari direncanakan. Namun karena sejumlah ketentuan pencegahan penyebaran virus corona, sejumlah pembatasan dilakukan.

Kepala Kantor Kementrian Agama (Kemenag) Tuban, Sahid mengatakan, dari instruksi Kemenag RI melalui siaran pers, bahwa pendaftaran nikah dapat dilakukan secara online.

Kepala Kemenag Tuban, Sahid

“Dari Kemenag RI, siang ini mengadakan siaran pers yang isinya di masa Work From Home (WFH) ini pendaftaran pernikahan bisa dilakukan secara online,” katanya, Selasa (31/3/2020).

Sahid menjelaskan, tahapan yang harus dilakukan saat akan mendaftar layanan pencatatan nikah secara online adalah akses simkah.kemenag.go.id. Kemudian, klik daftar nikah, dan pilih nikah di mana, diisi (provinsi/kab/kota/kecamatan, tanggal dan jam.

Setelah itu, masukan data calon suami dan calon istri), checklis dokumen, masukan nomor Handphone ( HP), mengunggah foto, dan terakhir cetak bukti pendaftaran.

“Pemerintah telah memperpanjang sistem bekerja dari rumah atau work from home (WFH) PNS sampai 21 April 2020. Bagi Kementerian Agama, kebijakan ini berdampak juga pada layanan di Kantor Urusan Agama, utamanya terkait layanan pencatatan nikah,” pungkasnya. RHOFIK SUSYANTO

Terbaru