oleh

Tahun 2021, Tuban Bangun Jalan Lingkungan 120 KM

seputartuban.com, SENORI –  Jalan lingkungan di Kabupaten Tuban sepanjang 120 KM akan diremajakan tahun 2021. Dengan dana berasal dari Dana Desa dan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD).

Hal itu disampaikan oleh Bupati Tuban, Aditya Halindra Faridzky, saat sambutan acara Panen Benih Jagung Hibrida, Kamis (12/08/2021) di Desa Leran, Kecamatan Senori. “Tahun 2021, khususnya jalan lingkungan kita membangun 60 Km. Desa 60 Km, Pemkab 60 Km. Total jalan lingkungan 120 KM,” katanya.

Proyek ini akan didanai melalui skema pembiayaan bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) dan Dana Desa (DD). Namun menurutnya, tahun 2021 anggaran infrastruktur mengalami pengurangan. Karena dilakukan refocussing anggaran untuk penanganan Covid-19. “Tetapi kendalanya sekarang dana desa habis, ini masih dikaji,” imbuhnya.

Menurut Bupati, pentingnya kolaborasi pembangunan jalan lingkungan ini diperlukan karena desa maupun Pemkab Tuban memiliki keterbatasan kewenangan. “Pentingnya kolaborasi karena terbatasnya kewenangan,” imbuhnya.

Bupati tidak menyebutkan secara rinci berapa total biaya yang akan digunakan dari DD maupun APBD untuk melakukan pembangunan jalan lingkungan ini. Sekaligus bagaimana pola pengadaaan pekerjaanya. Serta bagaimana perawatan jalan lingkungan pada tahun-tahun berikutnya pasca penyerahan asset ini kepada Pemkab Tuban.

Saat ini tim Pemkab Tuban dan desa sedang melakukan pengukuran ruas jalan yang akan dibangun. Sebelumnya ada penyerahan kewenangan dari desa kepada Pemkab Tuban untuk pembangunan jalan lingkungan. Yang seharusnya menjadi kewenangan desa. Penyerahan aset ini dijadikan dasar oleh Pemkab Tuban untuk melakukan peremajaan (pembangunan) jalan lingkungan. Sehingga Pemkab Tuban memiliki tambahan asset dari 311 desa. ARIF AHMAD AKBAR

Terbaru