Sudah Jadi Konten, Akhirnya Aparat Grebek Balap Liar Di Sekitar Kerawak

seputartuban.com, MONTONG – Ratusan orang diamankan tim gabungan Polsek Montong dan Polres Tuban, Sabtu (27/01/2024) sekira pukul 24.00 sampai 02.15 WIB, di kawasan jalan Montong-Singgahan. Dekat lokasi Sumber Mata Air Kerawak. Wilayah Desa Guwoterus, Kecamatan Montong, Kab. Tuban.

Hasil penelusuran seputartuban.com, aksi balap liar ini sudah berlangsung sebulan lebih sebelum digrebek aparat. Mulanya, hanya dijadikan tempat kumpul sejumlah remaja. Kemudian jumlah mereka bertambah dari berbagai kecamatan di Tuban. Hingga akhirnya menjadi lokasi rutin balap liar tiap akhir pekan.

Bahkan menjadi konten di salah satu akun youtube. Selain itu, di google map juga ditandai dengan nama “kerawak race away”. Sehingga memudahkan sesama pembalap liar maupun penontong untuk datang ke lokasi. Mereka mulai berdatangan jam 22.00 WIB dan mulai beraksi lewat tengah malam.

Masyarakat sekitar sebenarnya mengalami keresahan, khususnya sekitar lokasi. Bahkan warga yang rumahnya dekat jalan raya juga merasakan hal sama. Karena mereka Sebagian menggunakan knalpot brong. Saat datang hampir tengah malam maupun pulang dini hari, terjadi kebisingan. Karena mereka melintas bersamaan. “Ya banyak yang mengeluh tapi tidak berani bertindak. Karena mereka jumlahnya ratusan orang,” ungkap Nia, warga setempat.

Saat balap liar berlangsung, jalan lintas kecamatan yang juga poros utama dari Tuban kota menuju Tuban wilayah selatan dan barat tersebut menjadi rawan. Selain pengguna jalan dihentikan, juga ada beberapa yang diteriaki. Lebih bahaya lagi, motor para pembalap liar, sebagian tidak dilengkapi lampu penerangan.

Kapolsek Montong, IPTU Wahru Purwantono menjelaskan saat penggrebekan dilakukan gabungan dari aparat Polsek Montong dan Polres Tuban. Dengan kekuatan penuh, serta dilengkapi kendaraan truk. Sejumlah remaja dan kendaraan diamankan. Kemudian dibawa ke Mapolres Tuban.

“Antisipasi balapan liar yang sering terjadi di wilayah Kerawak. Yang sering terjadi sehingga menggangu aktifitas pengguna jalan lainnya,” jelasnya. Dari kegiatan ini berhasil diamankan 100 unit sepeda motor dan 170 orang pembalap dan penggembira yang masih remaja. “Dari ke 170 orang, tersebut mayoritas masih anak dibawah umur dan berasal dari beberapa Kecamatan di Kabupaten Tuban. Uaitu Kecamatan  Jatirogo, Bangilan, Montong, Senori, Singgahan, Parengan, Bancar, Kerek dan Kecamatan Tuban. Mereka diproses selanjutnya di Polres Tuban ,” tegasnya. Nal

Print Friendly, PDF & Email